Takaran Gula yang Dibutuhkan Anak per Hari

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 25 Aug 2016 09:19 WIB
kesehatan
Takaran Gula yang Dibutuhkan Anak per Hari
(Foto: kingofwallpapers)

Metrotvnews.com, Jakarta: American Heart Association mengungkapkan bahwa asupan gula yang dianjurkan untuk anak-anak berusia 2-18 tahun adalah enam sendok teh atau kurang dalam sehari.

Hal itu sama hanya sepertiga dari jumlah konsumsi anak-anak di Amerika saat ini. Demikian menurut penelitian yang yang dipublikasikan dalam jurnal Circulation tersebut.

Jumlah itu setara dengan 100 kalori, atau 25 gram, dan termasuk jenis gula yang digunakan untuk mempersiapkan atau memproses makanan atau cemilan, seperti gula pasir, fruktosa, atau madu. Namun tidak termasuk dalam pemanis alami seperti susu atau buah.

Para ilmuwan tersebut menyarankan agar gula tambahan tersebut sebaiknya tak diberikan pada anak-anak berusia di bawah 2 tahun karena mereka membutuhkan jumlah kalori yang lebih sedikit dan hanya tak banyak ruang dalam perut untuk nutrisi tak penting tersebut.

Melihat takaran gula sendiri kini lebih mudah karena semua produk makanan sudah diberi label informasi gizi, dan akan semakin lengkap pada 2018.

"Sampai saat itu, cara terbaik untuk menghindari gula tambahan pada anak adalah dengan memberikan makanan tinggi nutrisi, seperti buah, sayur, kacang-kacangan, produk susu rendah lemak, daging tak berlemak, ikan, dan batasi makanan yang rendah nutrisi," ujar Miriam Vos, M.D., ilmuwan nutrisi di Emory University School of Medicine dan pemimpin studi, dalam rilis.

Makanan rendah nutrisi termasuk cemilan manis, seperti soda, buah berasa, minuman olahraga, teh manis, dan minuman berenergi. Anak-anak sebaiknya tak meminum lebih dari 236,5 ml dalam seminggu.

Makanan hasil proses yang manis, seperti sereal dan batang sereal, kue, dan berbagai makanan yang memang ditargetkan pada anak-anak, juga harus dibatasi.

Rata-rata kalori yang dibutuhkan anak-anak adalah 1.000 kalori untuk anak berusia di bawah 2 tahun dan 3.200 kalori untuk anak laki-laki aktif yang berusia 16-18 tahun. Namun 6 sendok teh adalah jumlah yang dipilih oleh AHA agar orangtua tidak bingung memikirkan jumlah detail yang berbeda untuk umur anak yang berbeda.

"Jika anak Anda makan dalam jumlah kalori yang benar, maka tak ada ruang untuk makanan seperti junk food yang merupakan sumber gula tambahan," tambahnya.

AHA juga merekomendasikan pembatasan pemakaian gula pada seluruh anggota keluarga. Wanita, sama seperti anak-anak, hanya memerlukan enam sendok teh gula perhari sementara pria membutuhkan jumlah yang lebih banyak, yaitu 9 sendok teh atau sekitar 150 kalori karena membutuhkan lebih banyak energi.

 


(DEV)