4 Tindakan yang Bisa Merusak Kulit Wajah

Torie Natalova    •    Selasa, 04 Oct 2016 11:08 WIB
kecantikan
4 Tindakan yang Bisa Merusak Kulit Wajah
Anda jangan terburu-buru mengganti produk kecantikan yang baru dibeli. Setidaknya dibutuhkan waktu delapan minggu untuk melihat hasil dari produk yang dipakai. (Foto: Rodalesorganiclife)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi para wanita, kulit mulus dan bebas jerawat adalah salah satu rahasia kecantikan. Karenanya, banyak wanita yang menghabiskan banyak biaya untuk membeli produk kecantikan. Meski, produk tersebut pada akhirnya tidak memberikan hasil yang maksimal.

Menjaga dan merawat kulit wajah memang harus dilakukan setiap hari. Tanpa disadari, Anda mungkin telah melakukan kesalahan saat merawat wajah sehingga membuat kulit menjadi kusam dan tidak bercahaya.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang biasa Anda lakukan dan bisa membuat kulit wajah terlihat kusam.

1. Malas cuci wajah sebelum tidur
Hanya dengan 2 menit mencuci wajah sebelum tidur bisa membuat wajah terlihat segar selama beberapa tahun. Menurut ahli dermatologi klinis University of Kansas School of Medicine, tidur dengan kotoran, minyak apalagi riasan yang menempel di wajah bisa menimbulkan jerawat dan pori-pori membesar. Jika malas mencuci muka, cobalah pakai tisu pembersih wajah.

2. Jarang mengelupas sel kulit mati
Kulit wajah lembut dan cerah karena rutin melakukan pengelupasan dengan memakai scrub wajah. Tapi, jika butiran scrub terlalu kasar bisa menimbulkan iritasi dan kulit merah. Exfoliator kimia seperti asam glikolat atau yang memiliki butiran lembut bisa dipakai untuk melembutkan wajah yang memiliki kulit sensitif. Scrub wajah 1-2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

(Baca juga: Tips Make Up untuk Tetap Cantik di Siang Hari)


3. Tabir surya dipakai hanya jika terkena sinar matahari
Sinar UVA atau matahari merupakan penyebab utama penuaan kulit. Karena sinar UVA bisa menembus kaca, Anda rentan terkena paparannya meski berada di dalam ruangan. Untuk menjaga kulit tetap muda dan jauh dari kerusakan akibat sinar matahari, gunakan tabir surya atau pelembap dengan SPF setiap hari. Pilih pelembap yang mengandung avobenzone, helioplex, mexoryl, titanium dioksida atau zinc oxide.

4. Produk yang dipakai tidak ada yang berhasil
Anda jangan terburu-buru mengganti produk kecantikan yang baru dibeli. Setidaknya dibutuhkan waktu delapan minggu untuk melihat hasil dari produk yang dipakai. Kulit Anda perlu membangun toleransi dengan bahan anti penuaan agresif. Terlalu cepat ganti produk bisa membuat peradangan, jerawat, menimbulkan garis halus, bintik cokelat dan kendur.





(TIN)