Aplikasi Ini Bantu Anda Kontrol Mengompol

Sri Yanti Nainggolan    •    Senin, 10 Oct 2016 10:29 WIB
kesehatan dan produktivitas
Aplikasi Ini Bantu Anda Kontrol Mengompol
Salah satu yang menguntungkan dari aplikasi Tät adalah, aksesbilitas dimana para wanita bisa mempraktikkan olahraga dengan ponsel tetap di genggaman, (Foto: Majorleaguedating)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi Anda yang tanpa sadar mengeluarkan sedikit urine saat tertawa atau bersin, kini ada aplikasi yang bisa membantu mengontrolnya. 

Tekanan inkontinesia terjadi ketika kandung kemih dan dasar otot panggul lemah sehingga urine yang keluar tak terkontrol. Pada wanita, penyebab paling umum dari inkontinensia adalah kerusakan saraf dan jaringan karena melahirkan sehingga menyebabkan kebocoran. 

Jika Anda pun mengalaminya, Anda bisa mencoba mengontrolnya dengan mengunduh aplikasi Tät, yang diklaim dapat membantu wanita untuk mengurangi keparahan dari gejala tersebut dalam kurun waktu tiga bulan. 

Pada dasarnya, aplikasi dalam Android tersebut diperuntukkan melatih dasar panggul, karena menuntun Anda melakukan olahraga menantang untuk meningkatkan kekuatan dengan tingkatan yang berbeda. Aplikasi tersebut akan menampilkan ilustrasi grafik berapa lama dan seberapa intens Anda harus lakukan untuk melatih otot dalam setiap tingkat. 

Aplikasi ini juga memuat saran gaya hidup, dan pengingat untuk Anda melakukan olahraga normal. 

(Baca juga: Manfaat Peregangan Bagi Tubuh)

Metode penelitian
Untuk membuktikan apakah Tät memang membuat perubahan, peneliti dari Umeå University di Swedia Utara membagi 123 wanita dengan inkontinensia menjadi dua kelompok. Satu kelompok menggunakan aplikasi tersebut selama tiga bulan, sementara kelompok lain tidak mendapat pengobatan. 

Menurut para penulis, aplikasi tersebut memberikan perubahan yang signifikan dimana kelompok pertama mengalami lebih sedikit inkontinesia, menggunakan lebih sedikit bantalan, dan memiliki kualitas hidup yang lebih baik. 

"Dua pertiga dari wanita yang menggunakan aplikasi tersebut merasa puas," ujar penulis studi Ina Asklund, dalam sebuah email pada Health. 

Salah satu yang menguntungkan dari aplikasi tersebut adalah, aksesbilitas dimana para wanita bisa mempraktikkan olahraga dengan ponsel tetap di genggaman, sehingga mereka terus termotivasi melakukan olahraga secara teratur. 







(TIN)