Tips Ampuh Hentikan Kebiasan Makan Berlebih

Dwi Ayu Rochani    •    Jumat, 23 Sep 2016 11:44 WIB
kesehatan
Tips Ampuh Hentikan Kebiasan Makan Berlebih
Dengan tidur kurang, Anda memprogram tubuh untuk makan lebih banyak. (Theactivetimes)

Metrotvnews.com, Jakarta: Nafsu makan yang tinggi tentu akan membuat berat badan semakin bertambah. Untuk menghentikan kebiasaan makan berlebih, berikut ini tipsnya: 

1. Minum air saat lapar 
Dehidrasi dapat mendatangkan rasa lapar. Pastikan Anda minum air yang cukup setiap saat. Minum satu gelas air sebelum memulai makan. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang minum lebih banyak air setiap hari berat badannya akan terjaga. 
 
2. Sikat gigi 
Jika Anda memiliki nafsu makan yang tinggi , cobalah tinggalkan meja makan dan piring , lalu bernjak ke toilet untuk menggosok gigi.  Angela Martindale, ahli gizi, pelatih kebugaran mengatakan, "ini adalah trik favorit saya."

3. Sertakan protein setiap kali makan
Banyak orang tidak menyertakan protein saat sarapan dan kemudian mereka tidak makan sampai makan jam siang.  Tidak heran Anda merasa lapar dan lelah. Protein membuat Anda kenyang lebih lama karena akan mengaktifkan hormon ghrelin yang membuat otak kita memberitahu kita bahwa kita kenyang. Pilihan yang kaya protein yang baik untuk sarapan adalah telur, gandum, keju, yogurt Yunani dan susu. 

(Baca juga: Sakit Maag Bukan Sekadar Karena Telat Makan)

4. Jangan melewatkan makan
Melewatkan makan adalah ide yang sangat buruk, bukan hanya karena kadar gula darah Anda menurun, tetapi Anda juga akan merasa cepat lelah dan mengantuk. Metabolisme Anda melambat dan hormon stres akan meningkat.

5. Jangan belanja makanan saat perut kosong
Melihat banyak makanan saat perut kosong akan meningkatkan nafsu makan Anda. Tiba- tiba Anda merasa begitu lapar sehingga saat makan Anda menyediakan porsi yang besar. 

6. Tidur yang cukup
Kurang tidur mempengaruhi otak dengan cara membuat Anda ingin makan lebih banyak dan tidak memproses makanan secara efisien. Deborah Malkoff-Cohen, konsultan gizi bersertifikat mengatakan, "Dengan tidur kurang, Anda memprogram tubuh untuk makan lebih banyak," tambahnya.





(TIN)