5 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dipanaskan Berulang Kali

Meilikhah    •    Kamis, 29 Sep 2016 11:40 WIB
kesehatan
5 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dipanaskan Berulang Kali
Jamur berpotensi menjadi racun bagi tubuh jika dipanaskan kembali. (Foto: eatdrinkpaleo)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ada beberapa makanan yang tidak bisa dipanaskan. Sebab, berpotensi menimbulkan masalah pada pencernaan. Jika pun bisa dipanaskan, harus dengan proses yang benar untuk mencegah keracunan makanan.

Hal tersebut dijelaskan ahli makanan dari Dubai Municipality 

"Masyarakat harus mengambil tindakan pencegahan ketika mempersiapkan semua jenis makanan," kata Shugufta Zubair dari Departemen Keamanan Pangan dari Dubai Municipality, Kamis (29/9/2016).

Menurut Badan Standar Makanan Inggris, ada empat hal untuk memastikan sebuah sajian aman untuk dikonsumsi, yakni kebersihan, cara memasak, pendinginan, dan kontaminasi silang. 

"Apapun yang disimpan di lemari es antara dua hingga empat jam, aman dimakan. Tapi setelah itu harus dipanaskan, hanya sekali," katanya, melansir Gulfnews.

Zubair menjelaskan, untuk mencegah pertumbuhan bakteri, makanan harus dipanaskan diatas 63 derajat celsius.

Dia mengatakan ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dipanaskan, dan berbahaya jika tidak dipanaskan dengan benar.

1. Bayam

Bayam kaya akan protein dan zat besi dalam bentuk nitrat. Nitrat yang sehat berubah menjadi nitrit beracun ketika dipanaskan, dan menimbulkan risiko kesehatan lainnya.

2. Ayam

Ayam kaya kandungan protein, dan dapat menyebabkan gangguan pencernaan jika dipanaskan setelah sehari atau lebih.

3. Jamur

Jamur harus dimasak dan dikonsumsi pada hari yang sama. Jamur tidak boleh dipanaskan karena kompleksitas dalam komposisi protein di dalamnya.

4. Kentang

Seperti jamur, kentang mengandung uap air dan tidak boleh dipanaskan sembarangan. Jika tidak dibekukan, kentang bisa menjadi sarang bakteri untuk tumbuh ketika dipanaskan.

5. Telur

Telur harus benar-benar dipanaskan pada suhu tinggi. Jika tidak, bakteri akan cepat tumbuh. Dan ingat, jangan meninggalkan telur yang dimasak dalam lemari es selama lebih dari dua jam.



(MEL)