5 Tips Biar Enggak Cepat Diserang Pikun

Nia Deviyana    •    Jumat, 12 Aug 2016 10:54 WIB
dunia pikiran
5 Tips Biar Enggak Cepat Diserang Pikun
Ilustrasi: IST

Metrotvnews.com, Jakarta: Faktor usia, dipercaya mempengaruhi daya ingat manusia. Umumnya, pada orang tua terjadi kepikunan, atau daya ingat yang semakin melemah. Namun, daya ingat yang lemah juga bisa terjadi pada orang yang berusia muda karena faktor gaya hidup atau kebiasaan buruk.
 
Berikut ini beberapa tips untuk menjaga daya ingat tetap baik:
 
1. Tidur malam yang baik dapat meningkatkan memori anda
Cobalah tidur 30 menit lebih awal dari yang biasa anda lakukan, kemudian setiap malam berikutnya sampai anda mendapatkan jumlah tidur yang dibutuhkan oleh tubuh anda.
 
2. Bersihkan pikiran anda
Sebelum anda melakukan kegiatan di mana anda perlu mengingat informasi baru, tutup mata anda, mengosokan pikiran dan berlatih pernafasan dalam selama minimal 2 menit. Pernapasan dalam membantu membersihkan pikiran dan menurunkan hormon stres Anda. Studi menemukan keduanya dapat meningkatkan kemampuan otak Anda untuk menyerap informasi baru.
 
3. Melatih otak anda untuk memperhatikan
Ketika Anda menerima informasi baru yang perlu Anda ingat, menghilangkan segala sesuatu yang lain dan tetap aktif fokus pada fakta-fakta.
 
4. Mengkonsumsi suplemen herbal
Ginkgo adalah antioksidan kuat dan salah satu herbal yang paling penting untuk menjaga  daya ingat. Anda dapat mengonsumsi 60-80 mg ginkgo dua atau tiga kali sehari.
 
Bila ingin mengikuti ujian yang memerlukan kemampuan optimal anda dalam memanggil memori tentang fakta dan figur, Anda bisa meningkatkan konsumsi menjadi 120-180 mg sebelum Anda mengikuti ujian.
 
 Jika ginkgo tidak efektif untuk Anda, coba tambahkan 75 miligram dari ramuan  Cina dang shen (Codonopsis pilosula).  Studi menemukan kemampuan herbal itu membantu meningkatkan daya ingat lebih tinggi dari ginkgo.
 
5. Minum Kopi

Minum satu atau dua cangkir kopi berkafein sehari untuk membantu mengingat memori Anda. Sebuah studi menunjukan orang yang minum kopi cenderung lebih rendah tingkat risikonya terkena alzheimer. (Karina Yunita)


(FIT)