Rutin Olahraga Bisa Turunkan Risiko Beragam Jenis Kanker

Torie Natalova    •    Jumat, 14 Oct 2016 11:32 WIB
studi kesehatan
Rutin Olahraga Bisa Turunkan Risiko Beragam Jenis Kanker
Rutin berolahraga dapat menurunkan risiko terkena kanker. (Foto: Zeenews.india)

Metrotvnews.com, Jakarta: Jika Anda tak ingin terkena kanker, jangan anggap remeh olahraga. Pasalnya, sebuah studi terbaru menegaskan bahwa olahraga mampu menurunkan risiko terkena berbagai jenis kanker.

Orang yang sering olahraga berisiko 42 persen lebih rendah terserang kanker, dan 27 persen lebih rendah terserang kanker hati selama 11 tahun dibanding orang yang jarang olahraga.

Selain berisiko rendah terkena kanker hati, orang yang rutin olahraga berisiko lebih rendah terserang kanker paru-paru, ginjal, perut, endometrium, leukimia, myeloma, usus, kanker kepala dan leher, kanker rektum, kandung kemih, dan kanker payudara.

(Baca juga: Tips Olahraga Zumba Bagi Pemula)

Meski hanya berjalan kaki santai selama satu jam setiap hari, Anda sudah bisa menurunkan risiko terkena kanker. Menurut Steven Moore dari National Cancer Institute, kebanyakan orang melakukan olahraga seperti berlari, berenang dan berjalan-jalan untuk menjaga kesehatan.

Masih menurut Moore, olahraga memiliki banyak manfaat termasuk mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes yang dapat memperpanjang harapan hidup. Selain itu, olahraga juga bisa membantu mengatasi obesitas yang merupakan faktor risiko terkena kanker.

"Temuan ini dapat membantu mendorong mereka yang kelebihan berat badan atau obesitas menjadi aktif secara fisik," kata Moore.

Ada dua cara bagaimana olahraga dapat menurunkan risiko kanker. Pertama, olahraga dapat menurunkan kadar hormon seperti estrogen yang bisa menurunkan risiko kanker payudara dan risiko kanker endometrium. 

Kedua, membantu tubuh mengatur insulin lebih baik dan dapat menurunkan peradangan. Di kalangan perokok dan mantan perokok, olahraga dapat menurunkan risiko kanker paru-paru. Karenanya, bagi Anda yang tidak suka olahraga, cobalah untuk mulai olahraga meski dengan hanya berjalan kaki, lari atau berenang. 







(TIN)