Pentingnya Menjaga Usus Tetap Sehat

Torie Natalova    •    Sabtu, 12 Nov 2016 21:53 WIB
kesehatan
Pentingnya Menjaga Usus Tetap Sehat
Pentingnya Menjaga Usus Tetap Sehat (Foto: istock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak orang yang tidak menyadari bahwa 70 persen dari sistem kekebalan tubuh berada dalam usus. Mempertahankan usus yang sehat semakin diakui sebagai faktor kunci menjaga kesehatan seluruh tubuh.

Usus yang tidak sehat dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, dari depresi hingga ke peradangan seperti radang sendi dan hashimotos. Jika Anda merasa lesu, depresi, memiliki masalah pencernaan, alergi makanan atau menderita suatu kondisi autoimun, cobalah cek kesehatan usus.

Usus bekerja untuk metabolisme nutrisi yang diperlukan tubuh juga membuang racun berbahaya, Usus juga merupakan "rumah" bagi ratusan triliun mikroorganisme yang bekerja untuk mencegah pertumbuhan bakteri jahat yang membuat Anda jatuh sakit.

Sebuah usus yang sehat ditandai dengan keseimbangan yang baik dari bakteri dan lapisan usus yang kuat. Ini bertindak sebagai pelindung, memastikan zat-zat asing tidak menembus dan membuat jalan masuk ke dalam tubuh.

Sayangnya, saat ini ada banyak hal yang dapat mengganggu kesehatan usus. Diet, stres, penyakit yang berkaitan dengan kekebalan tubuh serta agen-agen yang dapat memciu infeksi adalah beberapa pemicu gangguan pada usus.

Makan-makanan yang sehat sangat penting untuk tetap menjaga usus Anda tetap sehat. Asupan probiotik dan makanan fermentasi dapat mengurangi masalah pada usus Anda.





(ELG)