Turunkan Berat Badan dengan Berjalan Kaki

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 03 Nov 2016 09:00 WIB
tips kesehatan
Turunkan Berat Badan dengan Berjalan Kaki
(Foto: Shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Jika Anda terlalu lelah untuk pergi ke pusat kebugaran, Anda bisa membakar kalori Anda dengan berjalan.

"Berjalan merupakan sederhana dan gampang dilakukan untuk menurunkan berat badan, terutama bila keseharian Anda didominasi dengan duduk di kantor atau di mobil saja," tukas Hannah Davis, personal trainer asal Tennessee, Amerika Serikat.

Selain membantu meningkatkan pembakaran kalori sehari-hari, berjalan juga dapat memgurangi tingkat stres seseorang.

Berikut adalah beberapa cara menurunkan berat badan dengan berjalan, seperti dilansir Women's Health Magazine.

1. Melangkah 15 ribu langkah per hari

Untuk menurunkan berat badan, Davis menyarankan untuk berjalan 15 ribu langkah per hari selama 7 hari dalam seminggu.

"Jangan cemas bila penambahan jumlah langkah tidak bisa dilakukan dalam waktu cepat. Tetap lakukan saja," ujarnya. Meningkatkan jumlah langkah tak seperti berolahraga. Hal tersebut tak akan membuat tubuh sakit atau mengalami tekanan.

2. Jalan 20 menit selama tiga kali sehari

Faktanya, sebuah studi dari George Washington University menemukan bahwa orang yang berjalan selama 15 menit sesudah makan memiliki kontrol gula darah yang lebih baik (yang  dapat merusak nafsu makan setelah makan) dibandingkan mereka yang berjalan selama 45 menit seharian. Ini artinya, berjalan setelah jam makan siang dapat mencegah keinginan makan saat jam minum teh sore.

3. Berjalan menanjak tiga kali seminggu

Berjalan menanjak seperti naik tangga membantu membentuk otot dan meningkatkan metabolisme. Dengan demikian, kalori akan semakin banyak yang terbakar.

4. Jalan bolak-balik

Berjalanlah bolak-balik dengan cepat selama satu menit untuk meningkatkan ritme jantung dan membakar lebih banyak kalori. Tambahkan durasi waktu ketika Anda sudah mulai terbiasa. Ketika berjalan cepat, ayunkan juga tangan Anda. Gerakan tambahan pada tangan dapat membakar kalori lebih banyak dan menambah kekuatan pada bagian bahu.

5. Tambahkan gerakan olahraga saat berjalan

"Berhentilah di setiap blok yang Anda lewati dan lakukan 15-20 squads, atau lakukan push up di bangku taman, atau olahraga pernapasan di tepi jalan. Tak harus melulu berjalan," saran Davis. Olahraga tersebut membantu meningkatkan ritme jantung, membentuk otot, dan membuat olahraga berjalan lebih bervariasi.

6. Konsumsi maksimal 1.600 kalori

Kebanyakan wanita yang sedang berdiet hanya mengkonsumsi 1.200-1.600 kalori yang kaya akan protein.

"Jika fokus olahraga Anda pada rutinitas berjalan yang lambat, maka menyiasati nutrisi asalah hal penting dalam menurunkan berat badan," ujarnya.


(DEV)

Video /