Penyebab dan Gejala Kanker Payudara Pada Pria

Torie Natalova    •    Jumat, 04 Nov 2016 14:20 WIB
kesehatan
Penyebab dan Gejala Kanker Payudara Pada Pria
Banyak pria yang mengabaikan tanda atau gejala kanker tersebut seperti benjolan, nyeri pada payudara. (Foto: Cdn.skim.gs)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kanker payudara memang lebih sering terjadi pada wanita. Namun, pria juga memiliki jaringan payudara sehingga kanker payudara pada pria bisa saja terjadi.

Berdasarkan Susan G. Komen Foundation, setidaknya ada 2.600 pria yang didiagnosa dengan kanker payudara invasif dan 440 kematian dikaitkan dengan kanker payudara pada pria.

(Baca juga: 4 Makanan Pemicu Kanker)

Beberapa perilaku laki-laki beberapa kebiasaan dan perilaku pria memainkan peran untuk meningkatkan tingkat kanker payudara pada pria.

"Minum minuman beralkohol dan obesitas dapat meningkatkan kadar hormon wanita seperti estrogen pada pria. Tingkat abnormal hormon ini dapat berisiko kanker payudara," kata Dokter Heather Hawthorne.

Gejala kanker payudara pada pria
Biasanya, kanker payudara stadium awal tidak menimbulkan gejala. Penyakit ini paling sering terlihat sebagai benjolan tidak nyeri pada payudara atau ketiak. Sebagai tumor yang terdiagnosis terus berkembang, ini bisa mengubah penampilan payudara sehingga inilah peran deteksi dini untuk mencegah kanker terus berkembang. 

Beberapa tanda kemungkinan timbulnya kanker payudara pada pria yaitu:
- Benjolan, sering menyakitkan tapi masih lembut.

- Puting terasa gatal, bersisik atau ruam.

- Puting masuk ke dalam.

- Kerutan kulit pada payudara.

- Perubahan ukuran atau bentuk payudara.

- Tumpukan kulit di sekitar payudara yang terlihat seperti kulit jeruk.

Setiap perubahan dalam jaringan payudara atau daerah sekitarnya, harus mendapat perhatian dan segera ke dokter. Meskipun sebagian besar perubahan payudara pada pria bukan berarti kanker, pria harus segera periksa ke dokter jika menemukan benjolan, puting yang berubah atau benjolan di bawah ketiak atau sekitar tulang leher mereka.

Kanker payudara lebih mudah dideteksi pada pria dibanding wanita
Kanker payudara memang lebih mudah dideteksi pada pria, dibanding wanita. Tetapi, banyak pria yang mengabaikan tanda atau gejala kanker tersebut seperti benjolan, nyeri pada payudara dan keluarnya cairan dari puting.

Dokter Homayoon Sanati, onkologis medis dari Memorialcare Breast Cancer at Orange Coast Memorial Medical Center di California mengatakan bahwa, kanker payudara yang paling sering dilihat adalah Luminal B subtype pada pria. Kurangnya perhatian atau deteksi dini bisa membuat penyakit lebih buruk.

Untuk pria dengan kanker payudara, Dokter Sanati merekomendasikan Anda untuk melakukan konseling dan tes genetik untuk mendeteksi dan mengobatinya lebih cepat. Risiko kanker payudara meningkat seiring bertambahnya usia, riwayat keluarga, dan gaya hidup. 






(TIN)