6 Penyebab Wajah Bengkak

Nia Deviyana    •    Selasa, 08 Nov 2016 11:53 WIB
informasi kesehatan
6 Penyebab Wajah Bengkak
(Foto: Gazzette)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pernahkah Anda bangun tidur dengan wajah bengkak? Namun, Anda sendiri tak mengerti apa penyebabnya.

Membengkaknya wajah bisa disebabkan oleh berbagai hal. Misalnya, digigit serangga atau karena mengalami gangguan kesehatan, seperti dilansir Prevention, berikut ini.

1. Infeksi sinus
 
Jika wajah tampak bengkak, diikuti rasa tertekan dan berat di area belakang dahi, hidung, dan tulang pipi, itu merupakan tanda-tanda dari sinusitis. Lendir di area-area tersebut menekan wajah, sehingga Anda juga akan merasakan nyeri, sakit kepala, hingga wajah bengkak.

Jika ini terjadi, minum banyak air dan beristirahat. Dokter biasanya akan memberikan obat antihistamin untuk mengurangi lendir.

2. Retak Gigi

Gigi Anda kerap ngilu meski terlihat utuh tanpa berlubang? Bisa jadi, hal itu terjadi karena gigi Anda retak. Gangguan itu perlu ditangani agar tidak bertambah parah. Gigi yang retak bisa terjadi akibat menggigit objek yang keras, salah posisi dalam mengunyah, atau karena struktur gigi yang lemah.

Retak gigi bisa menimbulkan gejala berupa sakit saat mengunyah. Bila didiamkan, rasa sakit itu bisa timbul kembali meski tidak sedang mengunyah. Hal ini terjadi akibat bakteri yang masuk lewat celah retakan dan menginfeksi jaringan yang lebih dalam di gigi. Gejala lain, bisa terlihat dari pipi yang bengkak.

Retak gigi bisa ditangani dengan pembuatan mahkota gigi tiruan (crown). Pada kasus yang lebih berat, saluran akar gigi harus dirawat dan dilakukan aplikasi bahan mineral trioxide aggregate (MTA) terlebih dahulu sebelum dipasang crown. Namun, bila retakan sudah jauh hingga ke akar atau bahkan gigi menjadi terbelah, gigi terpaksa harus dicabut, kemudian diganti dengan gigi tiruan atau implan.

3. Sindrom Cushing

Merupakan sindrom yang disebabkan berbagai faktor, misalnya obesitas, intoleransi glukosa, hipertensi, diabetes melitus, yang menyebabkan kelebihan hormon kortisol. Sindrom ini lebih banyak dialami perempuan ketimbang laki-laki. Hal ini, biasanya ditandai dengan  kulit mudah memar, kelelahan yang berlebihan, pembengkakan di kaki dan wajah.

4. Alergi

Selain menyebabkan mata merah, reaksi alergi dapat menyebabkan peradangan di wajah yang menyebabkan bengkak.

5. Selulitis

Ini merupakan infeksi umum pada kulit dan jaringan lunak di bawah kulit. Hal ini terjadi karena bakteri menyerang kulit, baik yang rusak maupun yang masih sehat, dan menyebar di bawah permukaan kulit, sehingga menyebabkan infeksi dan peradangan.

6. Gondongan

Penyakit gondongan dalam dunia kedokteran dikenal dengan nama parotitis atau Mumps. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang menyerang kelenjar ludah (parotis) di antara telinga dan rahang sehingga menyebabkan pembengkakan pada leher bagian atas serta pipi.



(DEV)