Sambut 2018 Lebih Bahagia dengan 6 Langkah Realistis Ini

Anindya Legia Putri    •    Jumat, 29 Dec 2017 11:16 WIB
perayaan tahun baru
Sambut 2018 Lebih Bahagia dengan 6 Langkah Realistis Ini
Lupakanlah segala emosi dan pikiran negatif serta segala tingkah buruk dan bersiap untuk hal yang lebih positif dan lebih baik lagi di tahun baru. (Foto: Michael Dam/Unsplash.com)

Jakarta: 2017 tahun yang berwarna. Dari riuhnya politik dalam negeri hingga mancanegara. Bencana alam, wabah penyakit, kelahiran bayi, kematian, pernikahan hingga putus cinta, menjadi cerita di tahun 2017. Dan saatnya untuk mengucapkan selamat tinggal dan bersiap menyambut 2018.

Lupakanlah segala emosi dan pikiran negatif serta segala tingkah buruk setahun belakangan ini. Ini akan membuat Anda sedikit lebih tenang dan bahagia. Karena tentunya hal negatif tersebut tak akan memecahkan masalah Anda di kemudian hari.

Dilansir dari Huffingtonpost.com, berikut adalah 6 cara realistis menjadi orang yang lebih bahagia di 2018. Anda siap memulai hidup baru dengan semangat baru?


(Lupakanlah segala emosi dan pikiran negatif serta segala tingkah buruk dan bersiap untuk hal yang lebih positif dan lebih baik lagi di tahun baru. Foto: Ariel Lustre/Unsplash.com)

1. Kurangi pikiran dari hal atau berita yang negatif
Penelitian menunjukkan bahwa berita negatif dapat berdampak buruk terhadap kesehatan mental Anda. Sederhananya, sangat penting untuk meluangkan waktu jauh dari rentetan berita buruk. Para ahli merekomendasikan hal ini kepada pasien mereka, untuk mengendalikan stres mereka sendiri.

2. Aktif
Penelitian menunjukkan bahwa gerakan atau aktivitas teratur dapat membantu memperbaiki mood dan mengurangi gejala depresi. Berusahalah untuk memasukkan aktivitas fisik ke dalam kehidupan sehari-hari Anda, entah itu berjalan kaki sebentar atau mencoba kelas kebugaran baru.

(Baca juga: Merayakan Malam Tahun Baru Sendiri, Tak Masalah)

3. Menghabiskan uang untuk pengalaman
Penelitian menunjukkan bahwa mengeluarkan uang hasil kerja keras kita untuk suatu pengalaman membuat kita lebih bahagia ketimbang harus mengeluarkan penghasilan untuk membeli harta benda. Siap cari pengalaman baru? Anda bisa berlibur ke berbagai tempat yang Anda inginkan.

4. Menulis
Menulis bisa membantu membersihkan pikiran Anda, kata Amy Poon, seorang psikiater di Stanford Health Care. "Banyak orang merasa sangat terbantu untuk memilah pikiran, refleksi, dan membangun lebih tenang dengan menulis," ujar Poon.

Dan Anda tidak perlu menulis sesuatu setiap hari untuk menuai keuntungan. Cobalah menulis sebulan sekali atau setiap beberapa minggu sekali saat waktu senggang Anda.


(Penelitian menunjukkan bahwa mengeluarkan uang hasil kerja keras kita untuk suatu pengalaman membuat kita lebih bahagia ketimbang membeli barang-barang. Foto: Nghia Le/Unsplash.com)

5. Gunakan media sosial untuk mendatangkan manfaat
Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial yang berlebihan bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental Anda. Namun tak berarti Anda harus berhenti dari penggunaan media sosial. 

Membingkai ulang cara Anda melihat posting di platform seperti Facebook dan Instagram adalah hal yang perlu Anda lakukan. Para ahli menganjurkan akun yang tidak membawa kegembiraan atau manfaat bagi Anda, alangkah baiknya untuk segera di – unfollow. Dan segera ikuti akun-akun yang bermanfaat untuk hobi Anda atau mengenai tips-tips seputar kehidupan.

6. Buat tujuan dan bukan resolusi
Tujuan yang lebih kecil mungkin lebih dapat dicapai daripada tujuan keseluruhan dan tinggi. Pilih beberapa hal yang ingin Anda capai tahun ini. "Periksa setiap bulan dan pikirkan tujuan Anda dan apa yang ingin Anda capai. Kemudian renungkan dan evaluasi ulang apakah itu realistis,” ujar Poon.









(TIN)