Bahan-bahan Alami Ini Bisa Memperbaiki Rambut Anda

Raka Lestari    •    Rabu, 03 Jan 2018 13:30 WIB
tips & trik
Bahan-bahan Alami Ini Bisa Memperbaiki Rambut Anda
Teh bisa meningkatkan warna rambut, jadi pastikan untuk menggunakan teh yang sesuai dengan warna rambut Anda untuk perawatan. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Rambut yang kering dan rusak merupakan salah satu hal yang sangat menyebalkan. Namun bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk pergi ke salon, bisa melakukan perawatan rambut kering dan rusak Anda sendiri di rumah. Di bawah ini terdapat cara memperbaiki rambut yang rusak dengan cara mudah. 

Trik mudah di rumah ini akan memperbaiki kerusakan rambut Anda, membuatnya tetap lembap, dan sehat dikutip dari Reader's Digest.

1. Alpukat 
Hancurkan alpukat yang sudah masak, campurkan dengan satu butir telur lalu oleskan ke rambut Anda yang sudah dibasahi. Biarkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas beberapa kali dengan air bersih. Lakukan perawatan ini sebanyak seminggu sekali untuk rambut rusak dan sebulan sekali untuk rambut normal. 

2. Mentega
Rawatlah rambut kering dan rapuh Anda untuk mendapatkan tampilan yang berkilau dan glossy. Pijatlah rambut Anda dengan mentega, lalu tutupi rambut Anda menggunakan show cap selama kurang lebih setengah jam. Beri shampoo untuk menghilangkan mentega yang masih tersisa dan bilas sampai bersih untuk menghilangkan seluruh sisa mentega. 


(Lakukan perawatan rambut dengan alpukat sebanyak seminggu sekali untuk rambut rusak dan sebulan sekali untuk rambut normal. Foto: RK008/Shutterstock)

(Baca juga: Head Spa, Perawatan Terbaru untuk Mendapatkan Rambut Berkilau)

3. Teh 
Gunakan satu liter teh hangat dan tanpa pemanis yang baru diseduh atau instan sebagai bilasan terakhir setelah Anda menggunakan sampo biasa. Teh bisa meningkatkan warna rambut, jadi pastikan untuk menggunakan teh yang sesuai dengan warna rambut Anda. Untuk warna rambut pirang sebaiknya menggunakan teh chamomile. Sedangkan untuk rambut kecoklatan bisa menggunakan teh hitam untuk meningkatkan kilau dan memperkaya warna.

4. Cuka sari apel 
Campurkan 1 sendok teh cuka sari apel dengan 2 sendok makan minyak zaitun dan 3 putih telur, kemudian gosokkan campuran tersebut ke rambut Anda. Pastikan agar rambut Anda tertutup selama kurang lebih setengah jam dengan menggunakan bungkus plastik atau tutup shower lalu keramas dan bilas. Cuka sari apel bisa berguna untuk rambut lepek atau rusak. 

5. Telur
Campurkan satu butir telur dengan sedikit sampo, lalu oleskan ke rambut Anda yang rusak selama lima menit dan bilas sampai bersih. Perawatan ini dapat membantu meningkatkan protein di rambut Anda.











(TIN)