Bahaya Tidur saat Pesawat Lepas Landas dan Mendarat

Raka Lestari    •    Minggu, 25 Mar 2018 13:42 WIB
tips bepergian
Bahaya Tidur  saat Pesawat Lepas Landas dan Mendarat
(Foto: Healthy Travel Blog)

Jakarta: Beberapa orang memilih tidur saat pesawat lepas landas dan mendarat. Mungkin, Anda salah satunya, belum tahu jika hal ini bisa memberi dampak yang membahayakan kesehatan.

Menurut MedlinePlus, tertidur selama pendaratan atau lepas landas dapat menyebabkan kerusakan serius pada telinga. Itu semua ada hubungannya dengan perubahan  tekanan udara di kabin.  

Ketika Anda terbangun, respons alami untuk mengurangi tekanan pada gendang telinga Anda saat lepas landas dan mendarat akan secara aktif bekerja untuk mempertahankan keseimbangan tekanan.

Namun, jika Anda tidur di pesawat pada saat-saat tersebut, Anda tidak dapat secara aktif bekerja untuk merilekskan otot-otot dan melepaskan ketegangan, sehingga Anda dapat menjadi rentan terhadap pusing, infeksi telinga, kerusakan gendang telinga, gangguan pendengaran, dan pendarahan hidung.

"Perubahan cepat di ketinggian mempengaruhi tekanan udara di telinga," kata Angel Chalmers, apoteker Inggris, dilansir dari Express.

"Ini berpengaruh pada ruang hampa di saluran Eustachius yang membuat telinga merasa tersumbat dan suara di sekitar tidak begitu terdengar jelas," tambah dia.

Tetaplah jaga agar saluran eustachius pada telinga tidak tertutup apapun dan biarkan mata Anda terbuka setidaknya selama beberapa menit.


(DEV)