Cara Sehat Ini Bisa Hentikan Kebiasaan Merokok

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 22 Dec 2017 14:13 WIB
kesehatan
Cara Sehat Ini Bisa Hentikan Kebiasaan Merokok
Studi yang dipublikasikan dalam British Journal of Pharmacology tersebut menyebutkan bahwa berlari dapat membantu menghentikan kebiasaan merokok. (Foto: Kyle Kranz/Unsplash.com)

Jakarta: Banyak orang mengaku kesulitan lepas dari kebiasaan merokok. Menurut sebuah studi, ada cara sehat untuk mengurangi asupan nikotin tersebut. 

Studi yang dipublikasikan dalam British Journal of Pharmacology tersebut menyebutkan bahwa berlari dapat membantu menghentikan kebiasaan merokok. 

Penelitian yang menggunakan tikus tersebut menyoroti mekanisme yang berfokus pada efek perlindungan berlari terhadap ketergantungan nikotin. 

(Baca juga: Ini yang Membuat Orang Kecanduan Merokok)


(Studi yang dipublikasikan dalam British Journal of Pharmacology tersebut menyebutkan bahwa berlari dapat membantu menghentikan kebiasaan merokok. Foto: Christopher Campbell/Unsplash.com)

Studi tersebut menemukan bahwa olahraga selama pemaparan nikotin secara nyata dapat mengurangi tingkat keparahan pada gejala untuk mengasup nikotin lagi. 

Efek tersebut disertai dengan meningkatnya aktivasi reseptor asetilkolin a7 nicotinic yang merupakan target nikotin, di daerah otak bernama hippopocampal. 

"Temuan ini mendukung efek perlindungan olahraga sebelum penghentian merokok terhadap perkembangan ketergantungan fisik yang dapat membantu penghentian merokok dengan mengurangi tingkat keparahan gejala kembali ke nikotin," kata penulis senior Dr Alexis Bailey, dari St. George's University of London.










(TIN)