5 Camilan Tinggi Protein yang Buat Perut Anda Kenyang Lebih Lama

Raka Lestari    •    Kamis, 30 Nov 2017 17:11 WIB
5 Camilan Tinggi Protein yang Buat Perut Anda Kenyang Lebih Lama
Anda bisa memadukannya dengan buah, sayuran, atau biskuit protein tinggi untuk membantu Anda tetap kenyang lebih lama. (Foto: Brooke Lark/Unsplash.com)

Jakarta: Makanan tertentu dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama seperti lemak, protein, dan serat. Sedangkan yang lain seperti karbohidrat yang sudah diolah, sangat mudah termetabolisme sehingga menyebabkan mudah lapar bahkan meskipun Anda baru saja makan.

"Mengonsumsi lebih banyak protein dalam makanan Anda membantu Anda merasa kenyang karena memerlambat pencernaan dan membantu mencegah pemecahan karbohidrat dalam makanan yang menyebabkan Anda tidak membakarnya dengan benar dan akhirnya merasa lapar setelah makan," kata Jessica Cording, RD., seorang ahli diet terdaftar di New York City.

Berikut ini adalah makanan tinggi protein yang disarankan oleh para ahli untuk dijadikan camilan:

(Baca juga: Diet, Olahraga atau Keduanya untuk Menurunkan Berat Badan?)


(Foto: Joseph Gonzalez/Unsplash.com)

1. Telur rebus
Telur rebus mengandung sebanyak enam gram protein. Plus, lemak di kuning telur akan membantu Anda merasa kenyang untuk sementara waktu, kata Cording. Anda bisa membumbuinya atau hanya taburkan garam dan merica.


(Foto: Taylor Kiser/Unsplash.com)

2. Greek Yogurt
Greek yogurt mengandung lebih banyak protein dibandingkan yogurt biasa, berkisar antara 12-20 gram protein per sajian. "Memilih pilihan rendah lemak atau bahkan lemak penuh dapat meningkatkan rasa kenyang karena lemak dalam yogurt berarti membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk dicerna dan membantu penyerapan nutrisi yang larut dalam lemak seperti vitamin A dan D," kata Cording.


(Foto: Jenn Kosar/Unsplash.com)

3. Kacang atau selai kacang
Konsumsi kacang atau selai kacang dapat meningkatkan protein secara cepat. "Lemak dan serat yang sehat keduanya akan membantu Anda tetap kenyang," kata Cording. Anda juga bisa menambahkan dengan apel dan satu sendok makan selai kacang. Jika Anda alergi terhadap kacang, cobalah biji bunga matahari untuk mendapatkan nutrisi yang sama.


(Foto: Agence Producteurs Locaux Damien Kühn/Unsplash.com)

4. Keju Cottage
"Meski keju cottage bukan makanan ringan yang paling mengasyikkan, namun keju cottage mengandung nutrisi sehat seperti kalsium dan vitamin A dan D selain protein," kata Eliza Whetzel, R.D., ahli diet terdaftar New York City. Middleberg Nutrition merekomendasikannya karena setengah cangkir keju cottage terdiri dari 13 gram protein.


(Foto: Alice Donovan Rouse/Unsplash.com)

5. Keju
Meurut Cording, sepotong keju sebanyak satu ons mengandung sekitar 5-8 gram protein, tergantung pada jenisnya. Anda bisa memadukannya dengan buah, sayuran, atau biskuit protein tinggi untuk membantu Anda tetap kenyang lebih lama.








(TIN)