Cara Menghindari Makan Berlebihan

Pelangi Karismakristi    •    Jumat, 24 Nov 2017 13:26 WIB
diet
Cara Menghindari Makan Berlebihan
Ilustrasi. Shutterstock

Jakarta: Ada kalanya Anda merasa sangat lapar sehingga makan apa pun, apalagi saat stres. Nafsu makan yang tak terkendali dan berlebihan memicu melonjaknya berat badan.

Anda bisa menghindari nafsu makan berlebihan secara alami dengan cara sebagai berikut:

1. Kunyah perlahan

Ini adalah salah satu solusi terpenting yang bisa membantu mencegah makan berlebihan secara alami. Jika Anda mengunyah makanan secara perlahan, akan membuat perut lebih cepat kenyang.

2. Hindari diet ketat

Hindari diet ketat untuk menghentikan makan berlebihan. Melakukan diet ketat justru tidak akan membantu Anda menghentikan nafsu makan berlebihan dalam jangka waktu lama. Diet ketat malah akan berimbas pada kesehatan.

3. Lihat apa yang Anda makan

Lihatlah apa yang sedang atau akan Anda makan. Bila itu makanan yang digoreng, tentu akan menyebabkan kenaikan berat badan.

4. Perbanyak minum

Minuman sehat seperti air putih dan jus buah akan membuat Anda merasa kenyang, hal ini akan mengekang nafsu makan secara alami. Minumlah segelas air atau jus buah 30 menit sebelum makan agar mencegah Anda terlalu banyak makan.

5. Mengendalikan diri

Hanya Anda yang bisa mengendalikan diri untuk tak makan berlebihan. Teruslah berusaha self control untuk mengurangi kebiasaan makan berlebihan.

6. Porsi makan

Jika ingin berhenti makan berlebihan, Anda harus melihat ukuran porsi Anda.

7. Setop makan kudapan

Makan kudapan akan menyebabkan kenaikan berat badan yang tak diinginkan. Alihkan pikiran Anda pada hal lain yang bukan berhubungan dengan makanan.


(TRK)