Penelitian: Terlalu Lama Menatap Gawai Membuat Wajah Cepat Menua

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 16 Feb 2018 10:53 WIB
penelitiankesehatan kulit
Penelitian: Terlalu Lama Menatap Gawai Membuat Wajah Cepat Menua
beberapa studi menunjukkan bahwa cahaya biru yang dihasilkan ponsel lebih mampu menembus kulit dibandingkan sinar UV yang dipancarkan matahari. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Kebiasaan terlalu lama menatap layar, baik ponsel maupun TV ternyata dapat membuat wajah cepat menua.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Oxidative Medicine and Cellular Longevity menemukan bahwa paparan cahaya dari ponsel dapat mempercepat penuaan dengan menurunkan jumlah karotenoid pada kulit. Fungsi karotenoid adalah memberi warna pada kulit.

Kekurangan karotenoid dapat menyebabkan bintik-bintik tanda penuaan di wajah dan perubahan warna kulit.

Dr Sweta Rai, juru bicara British Association of Dermatologists, mengungkapkan bahwa paparan cahaya dari telepon memang dapat menyebabkan pigmentasi, sehingga menciptakan ilusi wajah menjadi lebih tua.


(Beberapa studi menunjukkan bahwa cahaya biru yang dihasilkan ponsel lebih mampu menembus kulit dibandingkan sinar UV yang dipancarkan matahari. Foto: Pixabay.com)

(Baca juga: Tips Kulit Sehat dan Awet Muda)

"Kebiasaan menatap layar ponsel dapat menyebabkan beberapa masalah pigmentasi dan mereka dapat memberi kesan usia yang lebih tua," ujar Rai.

Ia menambahkan, beberapa studi menunjukkan bahwa cahaya biru yang dihasilkan ponsel lebih mampu menembus kulit dibandingkan sinar UV yang dipancarkan matahari.

Saat ini, ia sedang menyelidiki efek dari paparan cahaya biru ponsel selain penuaan dini. Faktanya, ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa sinar layar biru yang ringan memberi manfaat pada kulit.

"Beberapa perawatan kulit untuk jerawat, alopecia, hingga jaringan parut menggunakan alat dengan tingkat cahaya rendah."








(TIN)