4 Hal yang Dapat Mempercepat Penuaan Kulit Hingga Otak

Torie Natalova    •    Selasa, 24 Oct 2017 07:20 WIB
kesehatan
4 Hal yang Dapat Mempercepat Penuaan Kulit Hingga Otak
Sebuah penelitian melaporkan bahwa wanita yang mengalami insomnia hampir dua tahun lebih tua secara biologis daripada wanita pada usia yang sama tanpa masalah gangguan tidur. (Foto: Neal Kharawala/Unsplah.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Meskipun tubuh Anda mungkin terlihat bugar, namun mungkin saja bagian dalam tubuh Anda mulai mengalami penuaan. Tak hanya kulit yang dapat menua, tapi juga tulang bahkan otak Anda.

Perlu diketahui bahwa wanita yang berusia tak lagi muda dan minum minuman bersoda setiap hari memiliki kepadatan mineral tulang yang jauh lebih rendah daripada mereka yang mengonsumsi kurang dari satu botol minuman soda sebulan.

Tidak jelas memang mengapa minuman bersoda memiliki efek ini, namun para peneliti studi di American Journal of Clinical Nutrition percaya bahwa itu bisa jadi karena kombinasi kafein dan asam fosfat yang memicu masalah pada tulang.

(Baca juga: 5 Nutrisi yang Membuat Awet Muda)

Berikut adalah beberapa hal yang dapat membuat tubuh Anda mengalami penuaan lebih cepat.



1. Kendaraan bermotor
Udara yang berada di jalan raya bukanlah teman bagi kulit Anda. Polusi lalu lintas dapat menyebabkan bintik-intik penuaan. Penelitian lain menemukan bahwa polusi berkontribusi pada keseluruhan penuaan kulit, ditambah masalah lain seperti jerawat, eksim dan psoriasis.

2. Pekerjaan
Seperti pekerjaan yang dirasa terlalu sulit, rasa cemas dan stres karena memiliki atasan yang tidak bersahabat dapat mengecilkan hippocampus Anda. Dan pada mereka yang sudah mengalami penurunan kognitif yang dapat menyebabkan Alzheimer, mereka berpotensi mempercepat perkembangan penyakit ini.

Hippocampus Anda mengendalikan pembentukan memori dan berperan dalam mengatur emosi Anda. Ini secara alami menjadi lebih kecil seiring bertambahnya usia. Namun, penelitian menunjukkan stres dapat menyebabkan kerusakan struktural dan mempercepat proses penyusutan.

Kortisol dilepaskan saat Anda stres dan kortisol beracun untuk hippocampus. Karena itu, sangat penting untuk mengelola tingkat stres dan kegelisahan Anda.

3. Lingkar pinggang yang lebar
Otak kita secara alami kehilangan materi putih seiring bertambahnya usia. Namun, peneliti dari Universitas Cambridge menemukan bahwa otak orang lanjut usia dan orang gemuk memiliki jumlah materi putih yang sama dengan orang sehat yang berusia 10 tahun lebih tua. 

Orang lanjut usia yang tidak sehat juga dikaitkan dengan ukuran otak yang lebih kecil 20 tahun kemudian. Karenanya, cobalah untuk menjaga berat badan tetap stabil.

4. Kurang tidur
Sebuah penelitian melaporkan bahwa wanita yang mengalami insomnia hampir dua tahun lebih tua secara biologis daripada wanita pada usia yang sama tanpa masalah gangguan tidur. Peneliti mencatat, ini dapat mempercepat penuaan sel-sel Anda. Karena itu, segera atasi insomnia yang memiliki gejala sulit tidur, gelisah, terbangun di malam hari, masalah tertidur lagi dan terbangun terlalu dini.










(TIN)