Apakah Normal jika Darah Menstruasi Berwarna Kehitaman?

Raka Lestari    •    Rabu, 17 Oct 2018 09:00 WIB
tips kesehatan
Apakah Normal jika Darah Menstruasi Berwarna Kehitaman?
(Foto: Youtube)

Jakarta: Konon kesehatan reproduksi bisa tergambar dari warna darah ketika menstruasi. Seringkali wanita yang warna darah menstruasi terlihat gelap atau cenderung kehitaman merasa khawatir.

"Jika mengalami hal tersebut, Anda tidak perlu khawatir karena darah menstruasi yang berwarna kehitaman sebenarnya hanyalah darah yang sudah tua yang sudah mulai sedikit menggumpal," ujar Rachel Peragallo Urrutia, M.D., asisten profesor kebidanan dan ginekologi umum di University of North Carolina.

Ketika lapisan rahim Anda mulai meluruh setiap sebulan sekali, darah tidak selalu keluar semua dan semakin lama darah berada di rahim maka warnanya semakin gelap, kata Urrutia.

Namun, darah yang berwarna kehitaman bisa juga menjadi pertanda adanya suatu penyakit, tetapi biasanya diikuti gejala lain seperti kram yang parah, nyeri saat berhubungan seks, atau kesulitan hamil.

Dan jika gejala tersebut dirasakan oleh Anda sebaiknya periksakan diri ke dokter. 

Pola hidup sehat ternyata juga berkontribusi terhadap warna darah menstruasi Anda.

"Hal-hal yang membuat Anda sehat secara umum, seperti tidur nyenyak, berolahraga secara teratur, makan makanan berkualitas baik, mencoba menghindari paparan bahan kimia baik itu dalam makanan ataupun lingkungan Anda, itu semua bisa membantu untuk keseimbangan hormon dan pada gilirannya berdampak pada kesehatan reproduksi secara keseluruhan." 

Namun jika Anda masih merasa tidak tenang, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan. Meskipun secara umum warna darah menstruasi yang kehitaman merupakan hal yang tidak perlu dikhawatirkan setidaknya Anda merasa tenang karena sudah memeriksakannya ke dokter ahli. 





(DEV)