Tanda-tanda Awal Keguguran

Raka Lestari    •    Rabu, 21 Nov 2018 14:36 WIB
kehamilan
Tanda-tanda Awal Keguguran
Ada beberapa potensi awal yang perlu Anda perhatikan mengenai tanda-tanda awal keguguran yang perlu Anda ketahui. (Foto: Arif Riyanto/Unsplash.com)

Jakarta: Keguguran biasanya terjadi pada usia kehamilan sebelum 20 minggu, terjadi pada sekitar 10 persen dari kehamilan yang diketahui, menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG).

Dan hampir setengah keguguran tersebut disebabkan oleh kelainan kromosom yang sebenarnya mungkin dapat dicegah.

Meskipun beberapa wanita bisa mengalami keguguran berulang, namun jika Anda mengalami sesuatu yang tidak beres pada kehamilan Anda maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter kandungan Anda.

Meskipun demikian, ada beberapa potensi awal yang perlu Anda perhatikan mengenai tanda-tanda awal keguguran yang perlu Anda ketahui saat hamil.

1. Anda mengalami perdarahan yang berat
Meskipun perdarahan sering diidentikkan dengan keguguran, namun itu tergantung pada jenis perdarahan yang Anda alami. Bercak, misalnya, mungkin benar-benar normal.

"Ketika telur yang dibuahi mulai menempel ke rahim, Anda mungkin mengalami beberapa bercak," kata Kecia Gaither, M.D., spesialis kedokteran janin obgyn dan maternal. Anda juga bisa mengalami pendarahan ketika plasenta sudah mulai berkembang, katanya.

(Baca juga: Tiga Fakta Seputar Keguguran yang Harus Anda Ketahui)


(Meskipun beberapa wanita bisa mengalami keguguran berulang, namun jika Anda mengalami sesuatu yang tidak beres pada kehamilan Anda maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter kandungan Anda. Foto: Claudia Soraya/Unsplash.com)

2. Anda mengeluarkan gumpalan darah dan jaringan yang cukup besar
Meskipun beberapa perdarahan dan bercak mungkin normal selama kehamilan, gumpalan darah dalam bentuk apapun tetap harus perlu Anda perhatikan.

Beberapa gumpalan darah tersebut bisa sampai seukuran lemon. Tubuh Anda juga mengeluarkan jaringan yang terlihat seperti perdarahan atau cairan vagina berwarna merah muda.

3. Anda mengalami nyeri dan kram pada perut, seperti PMS
Kram yang Anda rasakan seperti ketika sedang menstruasi dapat benar-benar normal saat rahim Anda mulai mengembang, kata Gaither. Di lain waktu, kram juga bisa menjadi tanda awal keguguran.

"Kram ini berasal dari kontraksi uterus yang mencoba mengeluarkan kehamilan," kata Gaither. Perdarahan dan kram juga bisa menjadi tanda-tanda masalah kehamilan lainnya, seperti kehamilan ektopik.

Jadi jika Anda mengalami perdarahan dan kram setelah mengetahui bahwa Anda hamil, ada baiknya untuk memeriksanya segera.

4. Sakit punggung yang amat berat
Sama seperti kram, Anda mungkin juga merasakan sakit punggung bawah dengan instensitas yang ringan sampai berat.

Meskipun memang, ini merupakan hal yang normal juga pada kehamilan yang sehat. Saran terbaik adalah dengan selalu berkonsultasi dengan dokter Anda jika Anda khawatir tentang gejala yang Anda alami tersebut.

5. Dokter kandungan tidak bisa mendengar detak jantung bayi
Sebenarnya, ini bukan gejala tetapi hal ini bisa saja terjadi karena terkadang ketika wanita mengalami keguguran tidak ada gejala yang terlihat.

Dalam situasi lain, wanita dapat mengalami "kehamilan yang tidak dapat bertahan," kata Gaither.

Dalam situasi lain, wanita dapat mengalami "kehamilan yang tidak dapat bertahan," kata Gaither. Ini terjadi ketika kehamilan gagal berkembang, terutama pada trimester pertama.

Anda mungkin memerhatikan bahwa gejala yang Anda rasakan sebelumnya (mual, misalnya) telah hilang, meskipun ini mungkin tidak hilang sampai kadar hormon menurun, kata Gaither.




(TIN)