Barang-barang yang Sebaiknya Segera Dibuang dari Kamar Mandi Anda

Raka Lestari    •    Selasa, 18 Dec 2018 09:00 WIB
kesehatan
Barang-barang yang Sebaiknya Segera Dibuang dari Kamar Mandi Anda
Berikut ini adalah beberapa barang yang sebaiknya Anda buang jika sudah disimpan terlalu lama. (Foto: Jonny Caspari/Unsplash.com)

Jakarta: Barang-barang yang berada di kamar mandi Anda sebaiknya tidak disimpan terlalu lama. Hal ini karena kamar mandi bersifat lembap.

Sehingga jika barang-barang yang sudah tidak terpakai disimpan terlalu lama di kamar mandi justru akan menjadikannya tempat bersarang bakteri dan jamur yang tentu saja membahayakan. 

Untuk itu, sebaiknya Anda bisa secara rutin membuang barang-barang yang sudah tidak terpakai di kamar mandi Anda. Dikutip dari Health, berikut ini adalah beberapa barang yang sebaiknya Anda buang jika sudah disimpan terlalu lama:

1. Loofah
Ganti lofah atau spon untuk membersihkan badan setiap bulan secara teratur, ujar Joshua Zeichner, MD, direktur penelitian kosmetik dan klinis di bidang dermatologi di Mount Sinai Hospital di New York. 

"Karena mereka berada di lingkungan kamar mandi yang basah, jamur seperti lumut dapat terbentuk di antara serat-serat itu," kata Dr Zeichner. 

"Bakteri juga dapat berkembang biak yang dapat menyebabkan infeksi jika Anda menggunakannya pada kulit yang terbuka atau terluka."


(Jika sabun Anda mulai terasa lembek atau berubah warna, mulailah terkontaminasi dan Anda harus membuangnya, kata Dr Zeichner. Foto: Hans Vivek/Unsplash.com)

(Baca juga: Masalah Kulit Indikasikan Penyakit Pada Tubuh)

2. Pasta gigi
Sebagai aturan umum, jika pasta gigi Anda terlihat berbau, atau rasanya aneh, Anda harus menggantinya, kata Stacy Atnip, RDH, tenaga ahli dari Curaprox USA. 

Anda bisa menyimpannya dalam waktu 12 - 18 bulan untuk pasta gigi. Setelah itu, fluoride akan mulai kehilangan kekuatannya, bahan-bahan akan terpisah atau membentuk kristal, dan rasa dapat mulai memudar.

3. Sabun batang
Sabun batangan sebenarnya bisa disimpan dalam waktu yang sangat lama jika kemasannya belum dibuka. Namun jika kemasannya sudah dibuka dan terkena air, maka tidak bisa disimpan untuk waktu lama. 

Jika sabun Anda mulai terasa lembek atau berubah warna, mulailah terkontaminasi dan Anda harus membuangnya, kata Dr Zeichner. "Menggunakannya dapat menyebabkan iritasi atau infeksi, terutama pada kulit terbuka atau sensitif," katanya.

4. Sikat gigi
Sudah saatnya membuang sikat gigi Anda jika bulu-bulu pada sikat gigi sudah mulai usang atau rusak, kata Brian Kantor, DDS, dokter gigi kosmetik di New York. 

"Setelah tiga bulan pemakaian normal, sikat gigi menjadi kurang efektif dalam menghilangkan plak dari gigi dan gusi. Kuman juga bisa bersembunyi di bulu dan menyebabkan infeksi," tambahnya.

5. Pisau cukur
Jika pisau cukur Anda sudah mulai berkarat, sudah pasti memang harus membuangnya. Masa pemakaian pisau cukur juga tergantung pada bagaimana penggunaan Anda, ujar Elizabeth Tanzi, MD, asisten profesor klinis di George Washington University Medical Center. 

"Ganti setelah setiap tiga sampai lima penggunaan, atau setiap dua minggu," katanya. "Selain menjadi kurang efektif dengan setiap penggunaan, iritasi dari pisau cukur yang tumpul dapat meningkatkan risiko luka dan infeksi bakteri."





(TIN)