Apa yang Harus Dilakukan Jika Anda Menyukai Pacar Teman Anda?

Raka Lestari    •    Senin, 23 Jul 2018 09:00 WIB
romansapsikologi
Apa yang Harus Dilakukan Jika Anda Menyukai Pacar Teman Anda?
Ini yang bisa Anda lakukan jika Anda memiliki sedikit perasaan yang berbeda terhadap pasangan dari teman atau sahabat Anda. (Foto: Mayur Gala/Unsplash.com)

Jakarta: Melihat teman atau sahabat Anda menemukan pasangan yang sempurna, tentu Anda akan turut merasa senang juga. Dan terkadang, timbul sedikit rasa iri dan ingin juga segera menemukan pasangan yang tepat untuk Anda sendiri. 

Seiring dengan berjalannya waktu, Anda mungkin menemukan bahwa Anda merasakan ada perasaan yang sedikit berbeda terhadap pasangan dari teman atau sahabat Anda sehingga Anda pun merasa bingung apa yang harus dilakukan jika Anda mengalaminya.

Anita A. Chlipala, seorang terapis pernikahan dan keluarga berlisensi memberitahukan tips berikut ini jika Anda mulai memiliki sedikit perasaan yang berbeda terhadap pasangan dari teman atau sahabat Anda.

1. Beritahu teman yang lain atau anggota keluarga mengenai perasaan Anda
Chilipala menyarankan agar Anda menceritakan apa yang Anda rasakan kepada teman lainnya atau kepada anggota keluarga Anda. Namun jika Anda takut untuk dihakimi, cobalah untuk menceritakannya kepada terapis. 

"Tertarik kepada seseorang merupakan sesuatu yang normal. Dan terkadang kita tidak bisa memilih kepada siapa kita akan tertarik tetapi Anda memiliki kendali untuk tidak membiarkannya bertambah besar," ujar Chilipala. 

(Baca juga: Berteman dengan Mantan Kekasih Bikin Anda Gagal Move On?)


(Seiring dengan berjalannya waktu, Anda mungkin menemukan bahwa Anda merasakan ada perasaan yang sedikit berbeda terhadap pasangan dari teman atau sahabat Anda sehingga Anda pun merasa bingung apa yang harus dilakukan jika Anda mengalaminya. Foto: Freestock.org/Unsplash.com)

2. Usahakan untuk menjaga jarak dengan pasangan teman Anda
"Sebisa mungkin hindari untuk berduaan dengan pasangan teman Anda tersebut, selain itu usahakan juga untuk menjaga jarak Anda dengan mereka. Jangan duduk di samping mereka atau jangan mencari mereka ketika Anda sedang berada dalam pesta yang sama," ujar Chilipala. 

Namun perlu diingat Anda harus melakukannya secara halus agar tidak ada yang curiga bahwa Anda sedng menjaga jarak sampai perasaan Anda tersebut menghilang. 

3. Pertimbangkan dampak jika Anda melakukan perselingkuhan
Bahkan dengan sikap-sikap yang mungkin Anda pikir biasa saja, seperti menggoda atau hanya bercerita dengan mereka, itu bisa menjadi gejala awal bahwa Anda akan melakukan perselingkuhan, ujar Chilipala. 

"Jangan anggap hal-hal kecil tersebut tidak akan menyebabkan perselingkuhan. Dimulai dari hal-hal kecil seperti itulah yang membuat Anda dengan mereka memiliki kedekatan secara emosional."

4. Fokus dalam mencari pasangan bagi diri Anda sendiri
"Jika Anda lajang, pastikan Anda berkencan dan bertemu dengan calon pasangan yang potensial. Jika Anda sudah menjalin hubungan, investasikan kembali energi dari fantasi Anda ke dalam hubungan Anda sendiri," kata Chlipala. 

Jika Anda menyukai seseorang yang sudah memiliki pasangan, cobalah untuk tidak membiarkan perasaan itu tumbuh dan cobalah untuk mencari orang lain.




(TIN)