Lima Kebiasaan Baik untuk Tidur Malam yang Nyenyak

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 30 May 2018 14:19 WIB
tips kesehatan
Lima Kebiasaan Baik untuk Tidur Malam yang Nyenyak
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Tidur malam tidak maksimal terkadang membuat kepala pening saat bangun pagi. Pemicunya bermacam-macamnya seperti stres, cemas, terganggu oleh pasangan, bising, dan alas tidur yang tak nyaman. 

Berikut adalah beberapa kebiasaan yang disarankan ahli gizi Jessica Sepel supaya tidur malam menjadi lebih nyenyak, dilansir dari Independent. 

1. Tidak membawa pekerjaan ke rumah

"Membawa stres pekerjaan meningkatkan kostisol dan adrenalin dalam tubuh Anda, yang tak baik untuk kesehatan secara keseluruhan," jelas Sepel. 

Oleh karena itu, disarankan tidak  menyentuh hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan jika sudah di rumah, termasuk mengecek surel. 

2. Makan sehat

Makan sehat tak harus merepotkan, keseimbangan makronutrisi sebelum tidur adalah yang paling utama agar tubuh bisa lebih santai. 

Sepel menyarankan konsumsi makanan yang mengandung protein, lemak sehat, dan serat pada sore hari. Asupan karbohidrat sebelum tidur dapat memicu kelelahan, jadi sebaiknya hindari nasi. 

3. Batasi penggunaan gawai

Kita semua tahu bahwa cahaya biru dari gawai dapat menghalangi munculnya keinginan mengantuk. Oleh karena itu, Sepel menyarankan untuk tak lagi melihat layar elektronik setelah pukul 8 malam. Atau setidaknya, setengah jam sebelum Anda ingin terlelap. 

4. Lakukan hal yang santai

Beberapa kegiatan seperti mandi, menyalakan lilin, minum teh herbal, atau membaca dapat membuat pikiran dan tubuh lebih santai. 

"Saya senang berendam dengan meneteskan beberapa tetes minyak esensial dan garam Epsom. Kebiasaan tersebut membantu tubuh beristirahat, memberi sinyal untuk tidur. Apapun kegiatan yang Anda pilih untuk bisa rileks, ingatlah untuk menikmati momen tersebut," papar Sepel.

5. Menyiapkan tubuh untuk tidur

Sepel menyarankan mengadaptasi pose yoga bernama viparita karani selama sepuluh menit sebelum tidur. Pose tersebut membaringkan tubuh dengan kaki mengangkat ke atas, bersandar pada tembok.

Tak hanya memperlancar sirkulasi darah, pose tersebut juga membuat sistem saraf parasimpatik menjadi istirahat. 

"Ketika tubuh Anda telah memasuki suasana hati yang tenang, jauh lebih mudah untuk beristirahat malam yang nyenyak."

Lihat video:






(DEV)