Pria Tak Selalu Tertarik pada Wanita Muda

Raka Lestari    •    Senin, 09 Apr 2018 11:28 WIB
romansapsikologi
Pria Tak Selalu Tertarik pada Wanita Muda
Pada studi yang ditemukan baru-baru ini, ditemukan bahwa preferensi pria dalam memilih wanita akan semakin bertambah seiring dengan bertambahnya usia mereka. (Foto: Everton Vila/Unsplash.com))

Jakarta: Sudah merupakan hal yang biasa bahwa para pria umumnya lebih menyukai wanita yang lebih muda, dan ternyata hal tersebut bisa dibuktikan secara ilmiah. 

Pada studi yang ditemukan baru-baru ini, ditemukan bahwa preferensi pria dalam memilih wanita akan semakin bertambah seiring dengan bertambahnya usia mereka. Dalam arti lain, semakin bertambahnya usia pria maka mereka tidak hanya menyukai wanita muda saja. 

Studi yang diterbitkan dalam jurnal PsyArXiv, para ahli psikologi di Åbo Akademi University di Turku, Finlandia, menegaskan bahwa wanita memiliki rentang usia yang jauh lebih sempit, mereka lebih memilih pasangan pria yang lebih tua dari mereka atau yang tidak jauh berbeda dengan usia mereka sendiri. 

Ketika menjelaskan perbedaan utama antara pria dan wanita, penulis utama Jan Antfolk mengatakan bahwa preferensi pria untuk wanita yang lebih muda didasari dalam hal teori evolusi dasar.

"Seleksi alam mungkin telah membentuk strategi seksual laki-laki untuk memiliki minat khusus pada wanita muda yang masih sangat subur," katanya. 

(Baca juga: Pria, Ini yang Bisa Membuat Wanita Makin Jatuh Cinta)

"Tetapi karena wanita, dalam banyak kasus, lebih pilih-pilih dalam hal pasangan seksual, kebanyakan pria tidak dapat menemukan pasangan kecuali motivasi seksual mereka cocok dengan sang wanita." 

"Manusia cenderung memiliki hubungan seksual jangka panjang dan ini tidak akan mungkin jika semua pria hanya tertarik pada wanita muda."

Antfolk dan timnya mengumpulkan temuan mereka berdasarkan sampel 2.655 orang dewasa dan juga menemukan bahwa meskipun pria tertarik pada wanita yang lebih muda, aktivitas seksual mereka mencerminkan rentang usia mereka sendiri yaitu meskipun peserta laki-laki lebih menyukai wanita di usia dua puluhan, mungkin saja mereka bukanlah pasangan yang pas. 

Namun, Antfolk menambahkan bahwa temuan menggambarkan bahwa laki-laki kurang terobsesi dengan para wanita muda seperti stereotip yang selama ini berkembang. "Temuan ini mungkin membantu memudarkan keyakinan bahwa laki-laki terutama tertarik pada wanita muda."







(TIN)