Cegah Obesitas dengan Pola Makan Nabati

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 24 May 2018 13:16 WIB
diet
Cegah Obesitas dengan Pola Makan Nabati
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Bagi Anda yang tak ingin mengalami obesitas, cobalah untuk mempraktikkan pola makan berbasis tanaman. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa pola makan vegetarian ringan dapat menurunkan risiko obesitas jangka panjang. 

Studi tersebut menyimpulkan bahwa orang dengan indeks pola makan nabati yang lebih tinggi memiliki indeks massa tubuh (IMT) lebih rendah dalam jangka panjang. 

"Studi tersebut menyebutkan bahwa pola makan nabati dan lebih sedikit hewani di luar kepatuhan ketat terhadap pola makan vegan atau vegetarian mungkin bermanfaat untuk mencegah kelebihan berat badan/obesitas pada populasi paruh baya dan lansia," kata Zhangling Chen dari Universitas Erasmus di Rotterdam, Belanda.

Ia melanjutkan, pola makan nabati menghindarikan risiko obesitas karena idak memerlukan perubahan radikal atau eliminasi total daging atau produk hewani. Sebagai gantinya, perlu dilakukan pengurangan konsumsi daging merah secara moderat atau makan lebih banyak sayuran.

"Penelitian ini mendukung rekomendasi saat ini untuk beralih ke diet yang kaya makanan nabati, dengan rendah dalam konsumsi makanan hewani," jelas Chen.

Studi yang dipresentasikan selama Kongres Eropa tentang Obesitas (ECO2018) di Austria tersebut menggunakan data dari 9.661 orang dewasa setengah baya dan lansia rata-rata berusia 62 tahun.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa orang dengan nilai diet nabati yang lebih tinggi memiliki IMT yang lebih rendah dalam jangka panjang. Hal ini dikarenakan massa lemak tubuh yang lebih rendah, setelah disesuaikan untuk efek waktu pengukuran berulang, total asupan energi, pendidikan, latar belakang sosial ekonomi dan tingkat aktivitas fisik.

Hubungan tersebut lebih kuat pada peserta paruh baya (45-65 tahun) daripada orang tua (lebih tua dari 65 tahun).




(DEV)