Keinginan Makan Menunjukkan Kondisi Kesehatan Anda

Raka Lestari    •    Selasa, 31 Jul 2018 09:23 WIB
kesehatan
Keinginan Makan Menunjukkan Kondisi Kesehatan Anda
Jika Anda terus-menerus mengidam keju, itu juga bisa menjadi pertanda bahwa Anda mengalami masalah kognitif dengan konsentrasi dan memori. (Foto: Gardie Design & Social Media Marketing/Unsplash.com)

Jakarta: Ingin mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, seperti makanan yang pedas, asin, manis, atau minuman yang bersoda ternyata menunjukkan kondisi kesehatan Anda.

Untuk itu, Anda perlu memahami apa yang tubuh inginkan atau kondisi tubuh yang seperti apa jika Anda ingin makanan manis, asin, dan lain sebagainya. 

Berikut ini adalah apa yang ingin dikatakan oleh tubuh Anda ketika menginginkan makanan atau minuman tertentu.

1. Menginginkan es
Beberapa orang memang suka mengunyah es batu dan itu merupakan hal yang normal. Tapi jika Anda menemukan diri Anda mengidam hal-hal yang dingin itu mungkin menjadi tanda anemia, menurut sebuah studi pada tahun 2014.

Mengidam es batu merupakan bentuk pica, yaitu kondisi di mana Anda ingin makan makanan tertentu yang berkaitan dengan zat besi yang rendah pada tubuh. 


(Menurut penelitian yang dilakukan Mayo Clinic, jika Anda menginginkan makanan manis itu merupakan pertanda bahwa Anda sedang merasa kelelahan. Foto: Priscilla Du Preez/Unsplash.com)

(Baca juga: Hubungan Antara Gangguan Makan dengan Otak)

2. Menginginkan cokelat
Jika Anda sering menginginkan makan cokelat, itu mungkin merupakan pertanda bahwa Anda merasa depresi dan mencoba untuk mengobati diri sendiri dengan hal-hal yang manis, menurut penelitian yang dilakukan oleh American Chemical Society.

Satu ons cokelat hitam meningkatkan kadar serotonin dan dopamin, juga dikenal sebagai "bahan kimia yang baik." Selain itu, cokelat mengandung magnesium dan theobromine, dua senyawa yang terbukti mengurangi kadar hormon stres dan meningkatkan relaksasi otot.

3. Menginginkan makanan manis
Menurut penelitian yang dilakukan Mayo Clinic, jika Anda menginginkan makanan manis itu merupakan pertanda bahwa Anda sedang merasa kelelahan.

Para ilmuwan mengatakan bahwa orang menggunakan gula sebagai cara cepat untuk melawan kelelahan mereka. Sayangnya, itu solusi jangka pendek karena terlalu banyak mengonsumsi gula dapat membuat Anda semakin lelah dalam jangka panjang.

4. Menginginkan keju
Jika Anda terus-menerus mengidam keju, itu juga bisa menjadi pertanda bahwa Anda mengalami masalah kognitif dengan konsentrasi dan memori.

Satu penelitian menemukan bahwa orang dengan gangguan hiperaktivitas deficit atensi (ADHD) dua kali lebih mungkin untuk menginginkan untuk mengonsumsi keju dibandingkan yang lain.





(TIN)