Manfaat Plank Setiap Hari

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 10 Jun 2017 20:39 WIB
tips kesehatan
Manfaat Plank Setiap Hari
Manfaat Plank Setiap Hari (Foto: shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Olahraga adalah salah satu aktivitas fisik yang mampu menjaga kesehatan tubuh. Dari sekian banyak olahraga, plank merupakan jenis olahraga yang sering dilakukan, terutama para wanita.

Olahraga yang bisa dilakukan dimanapun dan tak membutuhkan alat tambahan tersebut tak hanya menyehatkan badan, namun juga memiliki banyak manfaat lain. Apa sajakah itu?

1. Otot inti menguat
Jika melakukan plank setiap hari, otot inti utama akan terbentuk seperti otot lurus, melintang, dan miring. Menguatkan otot inti membantu mengecilkan pinggang.

2. Menurunkan berat badan
Olahraga plank membakar lebih banyak kalori dibandingkan olahraga tradisional lain, terutama pada mereka yang kurang gerak. Jika Anda menyempatkan diri ber-plank setiap hari, maka metabolisme akan meningkat bahkan saat Anda tidur.

3. Memperkuat bagian tulang punggung
Plank memperkuat otot tulang punggung tanpa membuat tegang bagian tersebut. Selain itu, nyeri punggung akan berkurang bila Anda rajin melatih bagian tersebut.

4. Memperbaiki postur tubuh
Jika Anda rajin plank, tanpa Anda sadari, postur tubuh akan membaik terutama saat berjalan dan duduk. Hal ini dikarenakan plank menguatkan beberapa bagian terutama otot pada punggung, bahu, leher, dan dada.

5. Keseimbangan semakin baik
Keseimbangan tubuh dipengaruhi oleh otot perut. Rajin melakukan plank akan membuat keseimbangan semakin mudah dilakukan, terutama bagi Anda yang tengah mengikuti yoga.

6. Mengurangi stres
Plank meregangkan dan merilekskan otot yang kaku karena stres. Olahraga tersebut memengaruhi sistem saraf dan membantu melawan stres jika rutin dilakukan.

 


(ELG)