Ini Salah Satu Kebaikan Air Bagi Tubuh Anda

Yatin Suleha    •    Senin, 12 Jun 2017 19:26 WIB
kesehatan
Ini Salah Satu Kebaikan Air Bagi Tubuh Anda
Banyaknya air yang ideal bagi tubuh juga tergantung pada intensitas olahraga yang dilakukan dan seberapa panas atau keringnya cuaca di tempat Anda. (Foto: Pinterest/If It's Hip It's Here)

Metrotvnews.com, Jakarta: Anda pasti sudah tahu manfaat mengonsumsi air. Tetap menghidrasi tubuh Anda merupakan kebiasaan yang baik. Dan salah satu yang baik dari mengonsumsi air adalah memberikan Anda energi.

Sel-sel di dalam tubuh Anda membutuhkan air untuk berfungsi. "Air adalah kebutuhan utama dari kesehatan sel di tubuh Anda," ucap Ronald Navarro, MD, orthopedik sekaligus dokter ahli bedah dan olahraga di Kaiser Permanente South May Medical Center di Harbor City, California, Amerika.



"Sel mengandung air dan di kelilingi juga oleh air. Ketika Anda dehidrasi, membran sel menjadi mudah tembus, menghambat aliran hormon dan nutrien ke dalam sel," ujar Navarro.

(Baca juga: 7 Faktor Penyebab Dehidrasi)

"Ini menghalangi produk yang seharusnya dibuang mengalir ke luar tubuh dan menyebabkan sel rusak," ujar Dr. Navarro. Ketika hal tersebut terjadi di dalam tubuh Anda, menurut review dari riset hidrasi yang dipublikasi dalam the Journal Nutrition Review, maka energi Anda melemah. Dan Anda akan merasa kelelahan.

Berapa banyak air yang Anda butuhkan untuk meningkatkan energi?

Tergantung dari pertanyaan Anda, karena jumlahnya bervariasi. Dr. Navarro mengungkapkan bahwa rekomendasi jumlah air yang disarankan adalah 6-8 ons gelas air dalam satu hari.

"Ini bisa jadi berbeda dengan mereka yang tinggal di cuaca panas dan tipe gaya hidup yang Anda jalani," ucapnya lagi. 

"Bagi beberapa orang dewasa mungkin membutuhkan kurang atau bahkan lebih banyak air, termasuk ketika mereka sedang sakit, dan membutuhkan pengobatan tertentu," tukas Dr. Navarro.

Ia juga mengatakan bahwa banyaknya air yang ideal bagi tubuh juga tergantung pada intensitas olahraga yang dilakukan dan seberapa panas atau keringnya cuaca di tempat Anda. "Untuk lebih jelasnya lagi jumlah air yang dibutuhkan bagi tubuh Anda, bisa menghubungi dokter Anda," tutup Dr. Navarro.







(TIN)