Studi: Kopi Bisa Meningkatkan Angka Harapan Hidup

Yatin Suleha    •    Senin, 17 Jul 2017 06:00 WIB
kopi
Studi: Kopi Bisa Meningkatkan Angka Harapan Hidup
Kopi selain bisa meningkatkan ingatan Anda, kopi juga bisa melindungi otak Anda dari demensia. (Foto: Unspalsh/Jakub Kapusnak)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bukan rahasia lagi bahwa kopi sangat baik bagi kesehatan Anda. Selain kopi bisa meningkatkan ingatan Anda, kopi juga bisa melindungi otak Anda dari demensia. Namun, studi terbaru juga mengungkapkan bahwa kopi bisa membantu Anda berumur panjang.

Studi terbaru yang dipublikasikan dalam the journal Annals of Internal Medicine baru saja mengonfirmasikan sebuah berita bagus. Studi awal dilakukan dengan memeriksa 520.000 orang di 10 negara Eropa, membuat studi ini adalah studi terbesar yang berkaitan dengan kopi serta berkurangnya angka kematian (mortaliti).



Studi tersebut mendapatkan data bahwa meminum kopi bisa secara signifikan menurunkan risko kematian seseorang melalui beberapa kondisi, termasuk sakit di bagian hati, keinginan untuk bunuh diri, kanker pada wanita, dan permasalahan penyakit peredaran darah dan pencernaan.

(Baca juga: Ini Jumlah Kalori Saat Anda Minum Kopi)

"Kami melihat beberapa negara melintasi negara-negara di Eropa, dimana populasi meninum kopi dan persiapan kopi sedikit berbeda," ucap Marc Gunter, selaku pengajar di cancer epidemiology and prevention di Imperial College’s School of Public Health di Inggris, yang sekaligus juga merupakan rekan penulis dari studi ini.

"Faktanya, kami melihat hubungan yang sama di negara yang berbeda, ini adalah semacam implikasi dari kopi tersebut dibandingkan dengan persiapan kopi itu sendiri."

Studi kedua, menggali bahkan lebih dalam lagi. Studi menemukan bahwa kopi mampu meningkatkan angka harapan hidup sebanyak 18 persen diantara 185.000 partisipan terlepas dari ras atau etnik mereka.



"Studi ini memberikan gambaran varian populasi dari mereka yang punya gaya hidup yang berbeda, mereka juga mempunyai jenis diet yang tak sama, dan kondisi kesehatan yang berbeda-beda. Namun, kami masih memiliki pola yang sama," ujar Veronica Wendy Setiawan, associate professor dari preventative medicine di USC’s Keck School of Medicine dan selaku pemimpin dari studi ini.

Jadi, berapa banyak cup kopi yang mampu meningkatkan angka harapan hidup? Dalam studi Eropa ini, mereka yang meminum 3 cup kopi sehari memiliki risiko lebih rendah dari kematian, dibandingkan mereka yang tidak meminum kopi sama sekali. Jika Anda meminum kopi di antara angka tersebut, itu juga baik.






 


(TIN)