Tidur Tengkurap Picu Nyeri Punggung?

Torie Natalova    •    Jumat, 25 Aug 2017 11:58 WIB
kesehatan
Tidur Tengkurap Picu Nyeri Punggung?
Apabila Anda terbiasa tidur tengkurap, tempatkan bantal di bawah perut Anda. Ini tidak akan membuat tegang punggung Anda dan mencegah sakit punggung. (Foto: Vladislav Muslak/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ada beragam posisi tidur yang menimbulkan kenyamanan berbeda bagi setiap orang. Salah satunya adalah posisi tidur tengkurap. Namun terkadang, tidur dengan posisi tengkurap dapat menimbulkan masalah pada tubuh seperti pegal, encok atau sakit di bagian punggung.

Bagi Anda yang memiliki kondisi tubuh sehat dan bugar, risiko sakit punggung tidak akan terjadi. Tetapi, bagi Anda yang sudah menderita nyeri punggung kronis, posisi tidur ini dapat mengakibatkan tidur Anda tidak nyaman.



Tidur dengan posisi perut di bawah bisa menyebabkan daerah pinggang atau punggung bawah dipaksa melampaui batas-batas normalnya. Kondisi ini bisa membuat ligamen di belakang tulang tegang sehingga memperburuk nyeri punggung.

(Baca juga: Posisi Tidur yang Baik untuk Mengatasi Nyeri Menstruasi)

Apabila punggung terasa sakit saat tidur, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut tanpa menghindari posisi tidur favorit Anda.

1. Apabila Anda terbiasa tidur tengkurap, tempatkan bantal di bawah perut Anda. Ini tidak akan membuat tegang punggung Anda dan mencegah sakit punggung.



2. Apabila Anda tidur telentang, letakkan bantal kecil atau gulung handuk di bawah lutut Anda. Ini membantu punggung bawah tetap mempertahankan lekukan alaminya.

3. Apabila Anda terbiasa tidur dengan posisi miring, tarik kaki Anda ke arah dada dan tempatkan bantal di antara kaki Anda. Ini juga dapat membantu mengurangi ketegangan di bagian punggung.











(TIN)