Meremisi Autoimun dengan Pola Hidup Sehat

   •    Selasa, 26 Sep 2017 12:38 WIB
kesehatan
Meremisi Autoimun dengan Pola Hidup Sehat
Kampanye hari Lupus Sedunia di Jakarta. Lupus merupakan salah satu penyakit autoimun yang banyak diderita masyarakat di Indonesia. (Foto: MI/Immanuel Antonius)

Metrotvnews.com, Jakarta: Konsultan Alergi Imunologi dr. Iris Rengganis mengatakan penyakit autoimun seperti lupus, multiple sclerosis, atau psoriasis tidak dapat disembuhkan. Penyakit yang menyerang sistem imun itu akan menetap selamanya dalam tubuh.

"Memang tidak bisa sembuh tapi bisa diremisi dengan pola hidup sehat. Pencegahan yang baik untuk semua (penyakit) adalah pola hidup sehat, pola makan sehat," kata Iris, dalam Metro I-Care, Minggu 24 September 2017.

Selain makan sehat dan menerapkan gaya hidup sehat, bersahabat dengan autoimun juga bisa dilakukan dengan menghindari sinar matahari langsung. Sebab orang dengan autoimun seperti lupus mayoritas sensitif terhadap sinar matahari.

Bagi orang yang sehat, paparan sinar matahari terutama pada pagi hari baik untuk tubuh. Tetapi untuk orang dengan autoimun akan menyebabkan ruam di kulit bahkan membuat sakitnya memburuk.

"Makanya Kita arahkan menggunakan sunblock supaya vitamin dari matahari enggak masuk, gantinya bisa mengonsumsi vitamin D dari luar," katanya.

Orang dengan autoimun juga tidak diperkenankan melakukan kerja berat yang bisa menimbulkan kelelahan berlebih. Kuncinya, memahami alarm tubuh untuk menghindari gejala yang semakin parah.

Bagi mereka yang baru mengalami gejala penyakita autoimun seperti nyeri sendi atau nyeri otot disarankan berkonsultasi dengan dokter untuk dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh sesuai dengan gejala. Juga jika terdeteksi maka bisa diketahui jenis autoimun apa yang menyerang.

"Selanjutnya dilakukan tes darah untuk mengonfirmasi secara keseluruhan untuk menentukan diagnosis autoimunnya jenis apa," ujar Iris.

Yang terpenting bagi penderita autoimun adalah ikhlas dan bersahabat serta mengikuti alur dan keinginan autoimun di tubuh. Jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat, menghindari stres dan aktivitas berlebihan dan menyadari alarm tubuh.

"Jangan terus mengikuti otak pekerjaan harus selesai. Inget badan kita apa yang dirasakan, lelah istirahatkan jangan sampai kebablasan," jelas Iris.




(MEL)