Apa yang Terjadi Jika Pria Kekurangan Hormon Androgen?

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 31 Aug 2016 17:56 WIB
kesehatan
Apa yang Terjadi Jika Pria Kekurangan Hormon Androgen?
(Foto: Intimatehealthhelp)

Metrotvnews.com, Jakarta: Hormon androgen merupakan hormon seks pada laki-laki. Meski jumlahnya hanya 3 persen dalam tubuh, hormon ini banyak memberi pengaruh.

Lantas, bagaimana jika jumlah hormon ini kurang dari 3 persen?
"Jelas menjadi masalah. Dampaknya adalah tidak tumbuh rambut pada bagian-bagian tertentu, seperti kemaluan. Selain itu gairah seks pun tak ada," jawab Dr. dr. Budi Wiweko, SpOG (K) dalam diskusi media Your Body, Your Life, Your Choice pada Rabu (31/8/2016).

Ia menambahkan, produksi sperma pun akan terganggu karena hormon tersebut dibutuhkan dalam proses produksi sperma.

Kurangnya hormon adrogen dalam tubuh disebabkan oleh beberapa hal, seperti genetik atau gaya hidup yang tak baik.

Budi mengungkapkan, sebagian besar penyababnya adalah adanya masalah pada kromosom Y. Jika kromosom ini bermasalah, maka perkembangan testis yang merupakan sumber utama penghasil hormon testoteron pun akan ikut terganggu. Dengan demikian, fungsi kelamin menjadi tak normal.

Selain itu, pola makan yang tak sehat menyebabkan resistensi insulin, yang menjadi pemicu rendahnya androgen pada laki-laki.

"Kebanyakan pola makan yang diakukan saat ini justru menggangu komposisi kuman dalam usus sehingga kerja insulin juga terganggu. Saya anjurkan makan makanan yang tinggi serat dan rendah lemak untuk menghindarinya," tandas Ketua Indonesian Association for In Vitro Fertilization (IA-IVF) periode 2016-2020 tersebut.
 
 



(DEV)