Tips Mencegah Nyeri pada Tumit

Sri Yanti Nainggolan    •    Senin, 29 Aug 2016 09:20 WIB
kesehatan
Tips Mencegah Nyeri pada Tumit
(Foto: Boldsky)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kaki adalah tumpuan tubuh yang memiliki peran penting. Namun tak jarang orang mengalami masalah pada bagian tumit.

Nyeri tumit dapat menyebabkan produktivitas seseorang berkurang karena ketidaknyamanan yang dirasakan saat berjalan. Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah terjadinya nyeri tumit.

1. Gunakan alas kaki

Berteanjang kaki, baik di luar maupun di rumah, saat berolahraga (biasanya berjalan sehat) dapat menyebabkan kerusakan pada pada kulit pada bagian bawah kaki. Tak hanya nyeri, jamur pun bisa timbul pada bagian tersebut. Jadi sebaiknya gunakan selalu alas kaki, bila perlu kaos kaki untuk kenyamanan.

2. Gunakan alas kaki yang tepat

Kebanyakan orang melakukan kesalahan seperti memilih ukuran yang salah, entah terlalu kecil atau terlalu besar dari ukuran yang pas. Kebiasaan ini dapat membuat tumit menjadi tak nyaman akibat kesakitan atau lapisan kukit menipis.

3. Olahraga kaki

Ada berbagai jenis olahraga kaki untuk mencegah atau mengurangi nyeri tumit dan membuat sirkulasi darah lancar, serta mengurangi peradangan. Memutar persendian kaki adalah salah satu olahraga yang bisa membantu.

4. Pijat kaki

Ini adalah salah satu pengobatan alami yang hanya membutuhkan minyak esensial. Memijat kaki setiap hari akan meningkatkan aliran darah dan melembutkan kulit.


(DEV)