Kebutuhan Air Bagi Ibu Hamil

Yatin Suleha    •    Jumat, 16 Sep 2016 18:01 WIB
kehamilan
Kebutuhan Air Bagi Ibu Hamil
(Foto: Metrotvnews.com) Penuhi kebutuhan air bagi ibu hamil.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menurut Indonesian Hydration Working Group (IHWG), Jakarta, kebutuhan air yang dikonsumsi oleh tubuh adalah 2 - 2,5 liter dalam satu hari. Dan air berfungsi agar semua organ di dalam tubuh dapat berjalan secara baik.

(Baca juga: Hamil Bayi Laki-laki Lebih Rentan Alami Komplikasi Saat Melahirkan)

Kami berikan beberapa fakta lainnya mengenai kebutuhan air saat Anda hamil:

- Anda tetap membutuhkan asupan air putih baik dalam kondisi hamil atau tidak. Terutama ketika Anda hamil, air lebih banyak lagi Anda butuhkan karena perubahan yang terjadi di tubuh Anda. Perlu Anda ingat juga air merupakan komponen kunci dari ASI Anda serta sangat penting bagi laktasi.

- Menurut Sara Haas, ahli gizi dari The Institute of Medicine, Amerika, ibu hamil perlu minum setidaknya 10 gelas per hari. 1 gelas berisi kurang lebih 29 ml.

- Air memegang peranan yang sangat penting bagi ibu hamil, bukan hanya untuk menghindari konstipasi, wasir, dan infeksi kandung kemih, namun air putih juga berguna untuk mengurangi kaki yang bengkak saat hamil.

- Perlu diketahui sebaiknya Anda tidak bergantung pada beberapa minuman seperti teh, kopi, jus, atau susu karena air putih tetap merupakan asupan cairan yang paling ideal.






(TIN)