Olahraga Bersama Dapat Dijadikan Terapi Hubungan

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 04 Sep 2016 09:04 WIB
romansa
Olahraga Bersama Dapat Dijadikan Terapi Hubungan
(Foto: Loventine)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak sedikit pasangan yang mengalami masalah dan mencoba mencari solusi dengan melakukan konseling ke psikolog atau biasa disebut terapi pasangan.

Ternyata, ada cara lain yang juga tak kalah efektif yang tak hanya menyehatkan kembali hubungan pasangan, tetapi juga fisik.

Meskipun tak benar-benar menggantikan terapi, psikolog juga setuju bahwa olahraga bersama dapat digunakan sebagai aktivitas tambahan.

"Olahraga bersama adalah aktivitas yang baik untuk membangun kembali koneksi dan bersenang-senang bersama, saya sering menyarankannya pada beberapa pasangan yang bermasalah," ujar psikoterapis Kelley Kitley, seperti dikutip Women's Health Magazine.

Tak hanya untuk pasangan yang bermasalah, olahraga bersama juga memiliki beberapa manfaat seperti berikut.

1. Mengilhami persahabatan

"Ketika Anda berolahraga sebagai pasangan, Anda melihatnya sebagai rekan dalam aktivitas berat," ujar pakar hubungan Rhonda Milrad.

Pasangan akan melihat Anda sebagai orang yang kuat dan sehat sehingga akan mengajak Anda untuk melakukan kegiatan ekstem lainnya seperti panjat tebing atau bermain paralayang. Dengan demikian, Anda dan pasangan akan menciptakan memori berharga lainnya karena keterkaitan pada kesukaan yang sama.

2. Semakin terkoneksi

"Olahraga seperti melempar bola pada satu sama lain, mengangkat beban bersama, atau menyamakan kecepatan lari disebut dengan pencocokan nonverbal," kata Kristal Bradshaw, konselor profesional berlisensi.

Hal tersebut membantu orang terhubung secara emosional dengan pasangan sehingga saling terikat satu sama lain karena saling membutuhkan untuk koordinasi.

3. Meningkatkan kehidupan seks

"Kebutuhan primitif untuk merasa aman akan semakin diperkuat saat kita melihat kekuatan dan stamina dari pasangan kita yang berkeringat. Perasaan dimana pasangan Anda memiliki kekuatan tersebut meningkatkan daya tarik seksual Anda," ungakp Milrad.

4. Merasa lebih didukung

Saat berolahraga, Anda dan pasangan akan saling mendukung dalam hal menyehatkan tubuh.

"Olahraga sebagai pasangan menyediakan kesempatan untuk mencapai tujuan bersama yaitu tetap bugar. Pada akhirnya, akan saling mendukung dan memotivasi," ujar psikoterapis Jonathan Alpert.

5. Membuat lebih percaya diri dan tidak cemburu

"Hormon tertentu yang dapat menyegarkan, dan menyebabkan rasa percaya diri, dan bahkan keseksian," Alpert menjelaskan.

Endorfin yang diproduksi otak akan keluar selama berolahraga dan merangsang produksi dopamin sehingga meningkatkan perasaan senang.

"Merasa percaya diri membuat rasa cemburu berkurang," ungkap Alpert.


(DEV)