Apakah Dokter Bisa Salah Diagnosis?

Yatin Suleha    •    Kamis, 10 Nov 2016 14:59 WIB
kesehatan anak
Apakah Dokter Bisa Salah Diagnosis?
Mempercayakan bayi Anda kepada dokter anak merupakan hal yang penting, tapi boleh saja untuk bertanya sampai Anda mendapatkan penjelasan. (Foto: Images.wisegeek)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pernahkah terlintas di benak Anda kalau dokter bisa salah diagnosis? Ternyata memang benar, walau mengerikan namun hal tersebut bisa terjadi.

Dilansir dari parents, lebih dari setengah dokter anak melaporkan telah salah mendiagnosa anak sekali atau dua kali dalam sebulan, dan hampir setengahnya mengakui bahwa beberapa kali dalam setahun, penilaian mereka menyebabkan bahaya yang cukup serius.

Demikian menurut survei dari Texas Children's Hospital, di Houston, Texas, Amerika. "Ketika berhubungan dengan kesehatan bayi, orangtua merupakan para pendukung terbaik," kata Greeta Singhal, MD, penulis utama dalam studi.

(Baca juga: Leukemia, Kanker Terbanyak Diderita Anak-anak)

Greeta membagi tip untuk Anda bertindak sewaktu berkonsultasi dengan dokter anak.

1. Tanya detail sampai mendapatkan jawabannya
Mempercayakan bayi Anda kepada dokter anak merupakan hal yang penting, tapi boleh saja untuk bertanya sampai Anda mendapatkan penjelasan. Dan ketika Anda tidak mengerti, gali terus sampai Anda benar-benar paham.

2. Jangan malu
Dr. Singhal mengatakan bahwa, "Anda tidak perlu khawatir menyinggung perasaan dokter anak Anda. Lihat dia sebagai orang yang bekerjasama dengan Anda."

3. Cari opini kedua
Menerima diagnosis yang Anda belum yakin? Dokter Anda bisa menghubungkan Anda dengan koleganya dalam praktik, atau cari pendapat dari dokter lain.





(TIN)