Idealnya, Berapa Kali Membelai Anak?

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 22 Nov 2016 17:50 WIB
psikologi anak
Idealnya, Berapa Kali Membelai Anak?
Kita mengingat semua sentuhan orangtua sejak kecil hingga dewasa yang selalu membuat kita merasa nyaman. (Foto: Pinimg)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kontak fisik adalah salah satu bentuk kasih sayang yang ditunjukkan orangtua pada buah hati. Namun, adakah batasan tertentu berapa kali baiknya membelai si kecil?

"Tak ada patokan kapan, tentunya semakin banyak belaian maka semakin baik, terutama untuk bayi," jawab psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia (LPTUI), Jakarta dalam media workshop NIVEA #PSILOVEMAMA, Selasa (22/11/2016).

(Baca juga: Sentuhan Ibu Bantu Bangun Rasa Percaya Diri Anak)

Namun, menurutnya, sentuhan akan semakin berkurang seiring dengan bertambahnya usia anak. Pada usia tertentu, seperti remaja, beberapa anak juga hanya ingin disentuh di bagian tertentu saja.

"Perubahan yang terlihat seperti anak hanya ingin dibelai rambut dan dicium saja, padahal dulu senang dipeluk," ujarnya memberi contoh.

Meski demikian, Vera menjelaskan bahwa intensitas sentuhan tidak memengaruhi bagaimana makna dari kontak fisik tersebut karena kulit pada dasarnya memiliki ingatan.

"Kita mengingat semua sentuhan orangtua sejak kecil hingga dewasa yang selalu membuat kita merasa nyaman," pungkasnya.

Bahkan, saat dewasa dan sudah memiliki anak pun, sentuhan dari orangtua akan kembali menghadirkan rasa nyaman yang pernah dirasakan selama bertahun-tahun sebagai seorang anak. 







(TIN)