Saat Diet, Kapankah Waktu Makan yang Tepat?

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 19 Oct 2016 07:00 WIB
diet
Saat Diet, Kapankah Waktu Makan yang Tepat?
Setidaknya makan sehat dua kali dan makan di restoran satu kali dalam sehari, jadi meskipun tak tahu jumlah gizi, setidaknya masih aman. (Foto: Healthnetpulse)

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat tengah menjalani program diet, kebanyakan orang berpikir bahwa saat perut mulai keroncongan tanda kelaparan, sebaiknya peringatan tersebut tak perlu dihiraukan. Benarkah pemikiran seperti itu?

"Kalau saat diet ya sama saja, kalau kelaparan bisa makan, dan kalau tak lapar ya jangan makan, jangan ditahan," kata Dr. Grace Judio-Kahl, Msc dalam acara Jakarta Food Editor's Club (JFEC) Gathering, Selasa (18/10/2016).

Ia menjelaskan, orang yang sedang berdiet sebaiknya tetap makan seperti biasa namun dengan jumlah kalori yang lebih kecil. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara mengganti jenis makanan yang biasa dikonsumsi tanpa perlu mengecilkan porsi makan.

(Baca juga: Pasta Aman Dikonsumsi Saat Diet)

Dr. Grace juga menyarankan agar asupan karbohidrat yang cenderung dipangkas saat sedang menjalankan diet perlu dilakukan, namun tetap harus ada nutrisi tersebut yang masuk ke dalam tubuh disertai dengan asupan lain seperti protein dan lemak dalam jumlah secukupnya.

Selain orang yang sedang berdiet, orang-orang yang tak terbiasa makan makanan sehat di rumah, entah karena mobilitas tinggi atau tak memiliki waktu memasak sendiri, juga perlu memerhatikan asupan yang tepat.

"Kebanyakan orang seperti ini makan di restoran dan tak memerhatikan takaran gizi yang terdapat pada makanan yang dipesannya," jelas dr. Grace.

Dr. Grace menyarankan, sebaiknya kebiasaan makan di restoran tak dilakukan dengan intensitas yang terlalu tinggi. Namun, situasi kondisi masyarakat modern sekarang terlihat mustahil untuk tidak mendatangi rumah makan saat perut butuh asupan.

"Setidaknya makan sehat dua kali dan makan di restoran satu kali dalam sehari, jadi meskipun tak tahu jumlah gizi, setidaknya masih aman," sarannya.







(TIN)