Saat Sakit, Perbanyak Asupan Nanas dan Lobak

Torie Natalova    •    Jumat, 18 Nov 2016 11:51 WIB
kesehatan
Saat Sakit, Perbanyak Asupan Nanas dan Lobak
Sistem imun yang kuat berawal dari dapur Anda. Percaya atau tidak, makanan kaya vitamin seperti nanas bisa lebih menyembuhkan dibanding meminum sirup obat batuk. (Foto: Wellandgood)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sekotak obat-obatan mungkin memang bisa langsung menyembuhkan Anda dari penyakit seperti flu, batuk, demam atau pusing. Tapi, kesembuhan jangka panjang tidak berasal dari obat-obatan.

Sistem imun yang kuat berawal dari dapur Anda. Percaya atau tidak, makanan kaya vitamin seperti nanas bisa lebih menyembuhkan dibanding meminum sirup obat batuk.

"Apa yang Anda masukkan ke dalam mulut dapat memiliki pengaruh yang sangat besar pada saluran pencernaan dan keseimbangan flora usus yang sehat. Ini terbukti mempengaruhi semua jenis kondisi dari kesehatan mental untuk respon sistem imun," kata ahli gizi Sophie Manolas.

Mengoptimalkan kesehatan Anda berawal dari diet dan perubahan gaya hidup. Makan makanan yang bernutrisi tinggi secara sinergis memberikan efek positif bagi tubuh Anda.

Makanan ini dapat menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga Anda bisa terhindar dari penyakit yang membuat tubuh lemah.



1. Sayuran hijau
Jika Anda ingin menjaga kesehatan, perbanyak asupan sayuran berdaun hijau. Sayuran berdaun hijau sangat padat nutrisi. Daun hijau tua menawarkan nutrisi yang penuh dengan serat, vitamin A, C dan B. Jika sayuran itu pahit, ini justru lebih baik.

Sayuran hijau yang pahit konon dapat membantu pencernaan dengan meningkatkan kadar asam klorida dalam lambung, mengurangi mulas dan mendukung tahap kedua detoksifikasi hati.



2. Paprika merah
Paprika merah dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Paprika yang dimasak terlalu lama dapat menghilangkan nutrisinya. Sehingga, cara terbaik untuk konsumsi paprika merah adalah mentah atau menumis dengan cepat.



3. Lobak
Lobak memiliki karbohidrat komplek untuk meningkatkan fungsi otak dan produksi serotonin yang dapat membantu Anda menenangkan diri lebih cepat. Saat stres, tak ada salahnya mencoba konsumsi lobak. Sayuran ini juga kaya mineral yang mendukung kesehatan tulang, sel darah dan kulit yang sehat.

(Baca juga: 9 Makanan untuk Atasi Sakit Tenggorokan)



4. Minyak kelapa
Flu dan batuk bisa mengganggu aktivitas Anda. Sementara dokter mungkin memberikan obat antibiotik, Anda juga bisa menambah kekebalan tubuh dengan mengganti minyak sayur dengan minyak kelapa. Lemak sehat yang ada pada minyak kelapa bisa lebih tahan terhadap panas. 

Selain itu, minyak kelapa dapat membantu mengobati sakit tenggorokan. Kandungan di dalamnya dapat membantu menenangkan dan melumasi tenggorokan Anda. Ini bisa meredakan rasa sakitnya.



5. Jahe
Jahe sudah terkenal dapat mencegah mual pada perut. Jahe mengandung komponen yang disebut gingerol, yang sering dipercaya ampuh mengatasi kram perut saat haid, perut kembung dan gangguan pencernaan serta mencegah bakteri yang dapat mengganggu kesehatan Anda.



6. Air lemon
Ada banyak penyebab sakit kepala, tapi dehidrasi adalah salah satu yang paling sering menyebabkan pusing. Tambahkan air perasan lemon ke dalam sebotol air minum untuk mengatasi sakitnya. Rasa pahit dari lemon bisa membantu detoksifikasi hati dan mengobati pencernaan.



7. Nanas
Nanas mengandung vitamin C yang tinggi. Bromelain yang ada pada nanas, adalah antioksidan yang mengandung enzim anti peradangan. Vitamin C dan bromelain dapat membuat nanas mengobati sinus dan peradangan pada pernapasan.






(TIN)