Menyuapi Anak Sambil Jalan-jalan, Baik atau Tidak?

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 16 Nov 2016 19:24 WIB
tips kesehatan
Menyuapi Anak Sambil Jalan-jalan, Baik atau Tidak?
(Foto: Shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menyuapi anak sambil jalan-jalan adalah trik para ibu agar anaknya mau makan. Namun, tepatkah langkah tersebut?

"Idealnya anak makan di meja makan bersama kaluarga dimana anak dibiarkan mengambil makanannya sendiri meskipun berantakan," ujar psikolog keluarga Ayoe Sutomo M.Psi, dalam diskusi Asupan Serat Sejak Dini Cegah Penyakit Kronis, Rabu (16/11/2016).

Namun menurutnya, trik tersebut adalah hal yang wajar. Pada usia tiga tahun, perkembangan fisik yang pesat membuat anak senang bergerak, seperti berjalan dan berlari untuk mengeksplorasi apa yang ada di sekitarnya.

Oleh karena itu, memberi anak makan sambil menemaninya berjalan-jalan adalah hal yang bisa dimaklumi, asalkan anak-anak senang

"Namun, anak tetap harus dibiasakan makan di meja makan karena nantinya di masa sekolah ia akan diminta untuk makan dengan tenang. Jadi sebaiknya dilatih," sarannya.

Ia menambahkan, sebenarnya ada kebiasaan makan lain yang lebih tidak baik bagi anak, yaitu makan sambil bermain gadget.

"Supaya anak diam, orang tua memberikan gadget sambil menyuapi anak. Namun dengan cara ini membuat anak tak bisa mengerti dengan konsep kenyang," menurutnya.

Anak yang terus disuapi lebih terfokus pada gadget sehingga ia tak bisa tahu apakah perutnya sudah penuh atau belum. Hal ini dapat memicu obesitas pada anak.

"Oleh karena itu, coba alihkan anak pada kebiasaan lain seperti mengajaknya berkutat dengan mainan yang dimilikinya sambil berinteraksi bersama," tutupnya.




 


(DEV)