Tip Praktis Menjaga dan Merawat Tali Pusat Bayi

Yatin Suleha    •    Senin, 07 Nov 2016 15:46 WIB
kesehatan anak
Tip Praktis Menjaga dan Merawat Tali Pusat Bayi
Untuk mengurangi gesekan antara tali pusat dengan popok, lipatlah bagian atas popok. (Foto: Newbornbaby)

Metrotvnews.com, Jakarta: Melihat dari bentuk serta rupanya, memang tali pusat bayi cukup ringkih. Dan bagi Anda ibu baru tentu saja takut tiba-tiba melakukan kesalahan yang mengakibatkan tali pusat bayi putus (apalagi jika belum waktunya).

Untuk itu, dr. Robert Soetandio, SpA, MSi, Med, dari RS Awal Bros Tangerang, Banten memberikan tips praktis tentang bagaimana cara menjaga dan merawat tali pusat bayi dengan tepat.

(Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Tali Pusat Bayi)

1. Bersih dan kering 
Selalu bersihkan tali pusat bayi dengan sabun saat mandi dan keringkan dengan lembut. Pastikan tali pusat tetap dalam keadaan kering dan tidak lembap. Kondisi yang lembap bisa menjadi tempat bersarangnya kuman dan bisa terjadi infeksi.

2. Selalu keringkan 
Tidak dianjurkan memakaikan alkohol dan obat luka karena tindakan ini justru bisa membuat tali pusat menjadi lembap dan basah. Cukup keringkan tali pusat seperti biasa dengan handuk.

Dan jangan membubuhkan apapun (walaupun Anda mendapatkan sarannya dari nenek terdahulu, seperti misalnya diberikan bubuk kopi atau rempah-rempahan dan lain sebagainya), karena ini hanyalah mitos belaka.

3. Gunakan kain kasa 
Tutup tali pusat dengan kain kasa bersih dan kering, namun sisakan sedikit ruang agar kain agak longgar.

4. Lipat popok 
Lipat popok di bawah tali pusat. Ini untuk mencegah bila bayi buang air kecil, air seninya merambat melalui popok dan membuat tali pusat bayi basah atau terkena kotoran.

Untuk mengurangi gesekan antara tali pusat dengan popok, lipatlah bagian atas popok, atau gunakan popok khusus yang didesain memiliki celah pada bagian tali pusat bayi.







(TIN)