Tips agar Bangun Pagi Lebih Bersemangat

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 14 Jul 2017 11:49 WIB
kesehatan
Tips agar Bangun Pagi Lebih Bersemangat
Cobalah ganti kebiasaan bangun pagi terburu-buru dan cemas akan terlambat ke kantor dengan bangun lebih cepat dan santai terlebih dahulu. (Foto: Plug Daily)

Metrotvnews.com, Jakarta: Siapa sangka kebiasaan pagi setelah bangun tidur dapat mempengaruhi suasana hari seharian? Cobalah ganti kebiasaan bangun pagi terburu-buru dan cemas akan terlambat ke kantor dengan bangun lebih cepat dan santai terlebih dahulu. 

Menurut ilmu Ayurveda (ilmu kesehatan dari India), rutinitas kecil yang positif dapat membersihkan tubuh dan pikiran, meningkatkan imunitas dan menyeimbangkan kesehatan tubuh. 

Ilmu kesehatan dari India tersebut menyebutkan bahwa bangun pagi sebaiknya sebelum matahari terbit sehingga tubuh dapat bersinkronisasi dengan ritme matahari. 



(Baca juga: Ini Penyebab Sakit Kepala Saat Bangun Tidur)

Subuh adalah waktu dimana lingkungan masih tenang dan pikiran menjadi segar setelah tidur. 

Selain itu, berikut adalah beberapa tips lain yang membantu Anda bangun lebih cepat menurut ahli Ayurveda Dr R. Bhagwati dari New Age Ayurveda.

1. Putar tubuh ke arah kanan, bangun, dan duduklah ketika tersadar di pagi hari. Saat tidur, tubuh beristirahat dan aktivitas metabolisme menjadi lebih rendah. Jika Anda langsung terbangun dan beraktivitas, sistem kardiak akan mengalami banyak tekanan. 

2. Setelah duduk dengan nyaman, gosoklah kedua tangan dan letakkan telapak tangan di atas mata. Menggosok telapak tangan akan mengaktifkan semua ujung saraf sehingga Anda lebih cepat tersadar. Setelahnya, letakkan telapak tangan pada bagian lain seperti dahi dan bahu. 

3. Kemudian, periksalah dari lubang hidung mana napas lebih kuat. Cium telapak tangan secara bergantian dimana yang pertama adalah sisi dengan pernapasan lebih kuat, berdasarkan pemeriksaan lubang hidung tadi. Ciuman memberi energi pada tubuh. 

4. Sama seperti mencium, melangkahlah keluar dari tempat tidur dengan sisi kaki yang lebih kuat dalam pernapasan. 











(TIN)