Lakukan Metode 4-7-8 agar Bisa Cepat Tidur

Yatin Suleha    •    Kamis, 13 Jul 2017 06:00 WIB
tidur
Lakukan Metode 4-7-8 agar Bisa Cepat Tidur
Metode meditasi yogi untuk tidur ini bertujuan untuk mencapai ketenangan yang komplet, dapat mengurangi stres dan kecemasan. (Foto: Rd.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Apakah Anda sering sulit tidur? Jika iya, apakah beberapa metode tidur sudah Anda lakukan, seperti misalnya meminum susu hangat, membaca buku, atau menghitung domba.

Jika beberapa metode tidur telah Ada coba lakukan dan masih belum bisa tertidur pulas, mungkin cara ini bisa Anda lakukan agar bisa tertidur pulas, yaitu melakukan metode 4-7-8.

Mengetahui Metode 4-7-8
Metode 4-7-8 ini bisa dilakukan yaitu dengan cara seperti berikut ini:

1. Nyamankan posisi Anda terlebih dahulu di tempat tidur

2. Cukup bernapas simpel seperti biasa melalui hidung selama 4 detik

3. Lalu tahan napas Anda selama 7 detik

4. Kemudian buang napas melalui mulut Anda selama 8 detik



Andrew Weil, selaku dokter kesehatan di Harvard, Amerika mengatakan bahwa metode ini adalah cara meditasi orang Indian yang dilakukan selama berabad-abad. 

(Baca juga: Kualitas Tidur Berpengaruh Terhadap Inteligensi)

"Metode sederhana ini disebut juga dengan 'Indian Yogi Meditation'. Ini merupakan cara mudah yang bisa dilakukan agar cepat tertidur, terutama jika Anda terbangun di tengah malam," ucap Weil.

Metode yogi ini bertujuan untuk mencapai ketenangan yang komplet, dapat mengurangi stres dan kecemasan.

Cara ini juga menurut Weil mampu menurunkan irama bernapas Anda menjadi lebih lambat, sekaligus juga membuat tubuh Anda menjadi rileks. "Secara alamiah metode ini menjadi obat alami yang menenangkan Anda dan membuat Anda mudah untuk tidur karena membuat tubuh dan pikrian Anda rileks."

Teori ini seiring waktu bekerja dengan menerapkan cara menurunkan napas Anda ke dalam sistem saraf yang mengendalikan otot. "Secara rutin melakukan ini selama seminggu, bulan, atau tahun bisa membuat tidur Anda jadi lebih mudah dan nyaman."









(TIN)