Hot Yoga Bantu Jaga Kesehatan Mental

Torie Natalova    •    Selasa, 15 Aug 2017 15:01 WIB
kesehatan
Hot Yoga Bantu Jaga Kesehatan Mental
(Foto: Kids Health)

Metrotvnews.com, Jakarta: Yoga, telah menjadi salah satu olahraga yang populer belakangan ini. Bagi beberapa orang, yoga dapat membantu menghilangkan stres. Bahkan kini, yoga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan mental.

Sebuah penelitian di Amerika menemukan bahwa hot yoga dapat membantu mengurangi makan secara emosional dan menyingkirkan pikiran negatif.

Penelitian dilakukan terhadap 52 wanita yang semuanya menunjukkan tanda-tanda depresi, stres dan pola makan tak sehat, yang dibagi dalam dua kelompok kecil dan besar. Mereka yang berada dalam kelompok lebih besar diminta untuk menghadiri dua kelas yoga bikram yang panas. Sementara lainnya sama sekali tidak melakukan yoga.

Hasilnya, mereka yang telah mengikuti kelas yoga melihat perbaikan besar dalam kesehatan mental dan kesejahteraan mereka, dengan peserta melaporkan penurunan rata-rata stres dan makan emosional yang hampir tiga kali lebih besar daripada wanita yang tidak melakukan yoga.

Ahli mengatakan, saat ini yoga direkomendasikan sebagai pendekatan pelengkap yang kemungkinan paling efektif untuk mengatasi kesehatan mental seperti terapis berlisensi.

Yoga memang bukan obat penyembuhan, tetapi berdasarkan bukti ada banyak potensi dalam yoga untuk menjaga kesehatan mental Anda.

Ada beberapa gerakan yoga sederhana yang dapat dilakukan oleh pemula. Gerakan sederhana ini semuanya berfokus pada membangun kekuatan dan meningkatkan fleksibilitas. Gerakan yoga ini dapat dilakukan sendiri di rumah.

1. Downward dog

Mulai dengan membungkukan badan ke lantai, tangan langsung ke bawah bahu dan lutut di bawah pinggul. Buka semua jari dan lebarkan telapak di lantai. Perlahan, dorong pinggul ke atas ke langit-langit, sehingga tubuh membentuk huruf V terbalik.

2. Warrior

Berdiri dengan empat atau tiga kaki yang terpisah, dengan kaki kanan berputar sekitar 90 persen. Angkat lengan ke samping, telapak tangan ke bawah dan tekuk lutut kanan Anda di atas pergelangan kaki Anda.

3. Tree

Ini semua tentang keseimbangan. Mulailah berdiri tegak dengan tangan di samping tubuh. Perlahan, gantilah berat badan Anda ke kaki kiri dan letakkan telapak kaki kanan di paha kiri, jaga agar pinggul menghadap ke depan. Setelah menemukan keseimbangan, tarik napas dan angkat tangan ke bahu dan naik ke langit-langit. Tahan selama 30 detik sebelum berpindah sisi.




(DEV)