Tinggi Protein, Telur Efektif Turunkan Berat Badan

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 13 Apr 2017 12:57 WIB
diet
Tinggi Protein, Telur Efektif Turunkan Berat Badan
(Foto: Sheknows)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kandungan nutrisi dalam telur memang tak perlu diragukan lagi manfaatnya bagi tubuh. Sebutir telur mengandung protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral.

Disamping itu, telur ternyata baik dikonsumsi Anda yang sedang berupaya menurunkan berat badan.

Sebuah video dari Authority Nutrition menyebutkan bahwa salah satu cara untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi asupan makanan secara keseluruhan, termasuk menggantinya dengan telur yang rendah kalori karena satu butir telur besar hanya mengandung 78 kalori. Sementara, satu porsi makan berat setara dengan 2-4 butir telur, dalam perhitungan kalori.

Selain itu, menambahkan sayur pada menu yang didominasi telur juga baik untuk menurunkan berat badan. Jika dihitung, totalnya tak lebih dari 300 kalori, asalkan tidak dicampur dengan mentega atau minyak. Satu sendok teh mentega atau minyak diperkirakan mengandung 50 kalori.

Berbeda dengan sereal, telur adalah pendamping alami sayuran yang kaya nutrisi dan dapat membuat perut tetap kenyang lebih lama berkat kandungan proteinnya.

Sebuah studi menyebutkan bahwa peningkatan asupan protein sebanyak 15 hingga 30 persen saat makan besar dapat menurunkan keinginan untuk mengonsumsi kalori selama seharian.

Studi tersebut juga menyebutkan bahwa sarapan telur dapat mengurangi pikiran untuk makan sebesar 60 persen dan mengurangi keinginan untuk mencamil di malam hari.

Studi lain juga menyebutkan bahwa para wanita yang mengganti roti dengan telur ternyata mengonsumsi kalori yang lebuh sedikit dari biasanya dalam waktu 36 jam, dan 24 jam pada pria.

Bagi Anda yang cemas dan takut berlebihan dalam konsumsi telur, para ahli menyarankan jumlah maksimal untuk makan telur adalah tiga butir per hari.


(DEV)