Stres Buat Produksi Laktasi Ibu Menyusui Menurun

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 18 Aug 2017 12:05 WIB
kesehatan ibu
Stres Buat Produksi Laktasi Ibu Menyusui Menurun
Laktasi membutuhkan waktu 2-3 hari untuk muncul setelah bayi lahir. (Foto: Tanja Heffner/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Stres adalah salah satu penyebab munculnya berbagai macam penyakit. Masalah satu ini juga dapat menghambat produksi laktasi dalam ASI pada ibu menyusui. 

Padahal, ASI berperan penting pada perkembangan bayi karena mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk tumbuh dan mengandung antibodi yang melindungi bayi sampai sistem imun terbentuk sempurna. 



"Laktasi membutuhkan waktu 2-3 hari untuk muncul setelah bayi lahir. Namun kami melihat bahwa campur tangan orang lain dalam mengurusi perkembangan si kecil dapat membuat ibu stres," tukas Dr. Ranjana Sharma, Konsultan Senior dari Indraprastha Apollo Hospitals.

Anggota keluarga yang memiliki pengalaman sama umumnya memberikan saran pada ibu baru. Namun, saran tradisional tersebut tak selalu mempan, bahkan memberi efek buruk seperti menyebabkan penyakit baru atau menaikkan berat badan. 

(Baca juga: Benarkah Payudara Kecil Bikin Produksi ASI Berkurang?)

Selain itu, faktor stres lain yang dapat menyebabkan penurunan produksi ASI adalah pemisahan ibu dan anak, seperti habisnya masa cuti hamil sehingga ibu harus kembali bekerja. 



"Pada enam bulan pertama, seharusnya ibu bersama bayi karena mereka meminta disusui setiap 2-3 jam. Ikatan fisik antar keduanya dapat memicu laktasi," tambahnya. Selain itu, kedekatan tersebut dapat menjadi stimulus yang mendorong hormon dalam tubuh ibu. 

Ibu yang tak menghabiskan waktu dengan anaknya cenderung memiliki laktasi lebih sedikit dan menjadi tergantung pada pada susu formula. 











(TIN)