Menopause Dini Dapat Memicu Kebutaan

Torie Natalova    •    Jumat, 09 Jun 2017 07:46 WIB
menopause
Menopause Dini Dapat Memicu Kebutaan
Tidur dengan lensa kontak dapat menyebabkan mata kekurangan oksigen sehingga menghalangi kornea bekerja dengan baik. (Foto: Womenshealthmag.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Anda mungkin akan terkejut mengetahui bahwa dua pertiga orang yag buta adalah wanita. Menurut dokter mata Assumpta Madu, ada perbedaan yang jauh lebih besar terhadap kebutaan dan penurunan penglihatan pada wanita dibanding pria.

Wanita sebenarnya berisiko tinggi terhadap jenis glaukoma tertentu yang dapat menyebabkan kebutaan. 

Beberapa ahli menganggap ini berkaitan dengan hormon estrogen pada wanita. Namun, ada beberapa sebab lain mengapa wanita lebih terpengaruh pada kebutaan seperti rentang hidup yang lebih lama dan gaya hidup.

Gaya hidup yang dimaksud disini adalah kebiasaan banyak wanita yang tidur dengan memakai lensa kontak. Dan berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda ketahui bagaimana penglihatan Anda berisiko pada kebutaan.

(Baca juga: Ini Penyebab Gatal pada Mata)



1. Menopause dini
Menopause tak hanya menimbulkan masalah pada suhu tubuh dan suasana hati, tapi juga masalah penglihatan. Wanita yang mengalami menopause cenderung terkena glaukoma atau penyakit mata yang merusak saraf optik mata dan menyebabkan kebutaan. 

Keadaan akan lebih buruk bagi wanita yang mengalami menopause dini atau sebelum 45 tahun. Menopause dini meningkatkan risiko pengembangan glaukoma lebih dari 2,5 kali.



2. Merokok

Perokok dua kali lebih mungkin mengalami degenerasi makula. Mereka juga dua sampai tia kali lebih mungkin mengalami katarak dibanding mereka yang tidak merokok.



3. Matahari
Menatap langsung matahari bisa menyebabkan kebutaan karena ini hampir seperti menyinari retina dengan laser. Beberapa orang mungkin beruntung luka parutnya dapat sembuh sendiri. 

Tapi, bukan hanya sinar matahari, sinar dari alat las juga dapat memicu kerusakan karena bisa menyebabkan pengelupasan lensa mata. Itulah mengapa tukang las selalu memakai kacamata untuk melindungi mata mereka.



4. Obat-obatan
Pada beberapa obat, efek samping yang ditimbulkan bisa mengarah pada kebutaan. Ada beberapa obat yang menyebabkan deposit di retina yang dalam jangka waktu lama dapat mengganggu penglihatan. Selalu baca peringatan di kemasan obat.



5. Lensa kontak
Tidur dengan lensa kontak dapat menyebabkan mata kekurangan oksigen sehingga menghalangi kornea bekerja dengan baik. Ini pada dasarnya mematikan metabolisme mata Anda dan berpotensi menyebabkan kebutaan. 







(TIN)