Tips Mengurangi Rasa Tak Nyaman karena Kekenyangan

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 09 Jun 2017 15:43 WIB
kesehatan pencernaan
Tips Mengurangi Rasa Tak Nyaman karena Kekenyangan
Faktanya, konsumsi dua minuman alami yaitu teh peppermint dan jahe satu setengah jam sebelum makan dapat mencegah makan berlebih. (Foto: Pinterest/Love Create Celebrate)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kekenyangan adalah salah satu hal yang biasa terjadi, terutama di akhir pekan atau ketika Anda memasak sendiri. Hal tersebut tak jarang memberi efek tak nyaman pada perut. Berikut adalah beberapa cara praktis untuk mengurangi rasa tak nyaman saat kekenyangan menurut ahli nutrisi Cherry Gupta. 

1. Minum teh peppermint
Minumlah teh peppermint atau teh jahe yang dapat mengurangi rasa tak nyaman, mual, hingga muntah. Faktanya, konsumsi dua minuman alami ini satu setengah jam sebelum makan dapat mencegah makan berlebih. 



2. Ganti pakaian lebih longgar 

Longgarkan pakaian saat kekenyangan. Mengenakan pakaian yang ketat akan membuat perut Anda semakin tak nyaman. 



3. Duduk tegak
Duduklah dengan tegak untuk membuat rasa tak nyaman pada bagian perut berkurang dan membuat sistem pencernaan makin lancar. 



4. Peregangan
Peregangan ringan akan membantu Anda sedikit bergerak setelah kekenyangan. Cobalah yoga satu setengah jam setelah makan untuk memperlancar pencernaan dan melepaskan racun dalam tubuh. 

(Baca juga: 3 Cara Mencegah Kram Pada Perut)



5. Makan lebih sedikit setelahnya
Setelah banyak makan siang, lebih baik makan malam dengan porsi kecil. Selain itu, hindari makanan kemasan dan manis setelahnya. Fokuslah pada makanan sehat seperti sayuran, berprotein dan lemak sehat untuk makan berat yang berkualitas. 



6. Berolahraga
Jika Anda kebanyakan makan saat makan siang, cobalah berolahraga di sore hari. Anda akan merasa lebih baik meski hanya melakukan treadmill 10 menit. 









(TIN)