5 Jenis Sakit Punggung yang Tak Boleh Disepelekan

Torie Natalova    •    Kamis, 08 Jun 2017 10:42 WIB
tips kesehatan
5 Jenis Sakit Punggung yang Tak Boleh Disepelekan
(Foto: Sharecare)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wanita cenderung lebih sering mengalami masalah pada punggung dibanding pria. Jika Anda menghabiskan waktu di depan komputer atau membungkuk dalam waktu lama, nyeri di punggung akan terasa menyakitkan.

Menurut ahli bedah ortopedi Charla Fischer, wanita sering mengabaikan sakit punggung daripada pria. Padahal, membiarkan sakit punggung bisa berujung pada kerusakan permanen.

Ada lima tanda khusus sakit punggung yang harus Anda periksakan segera ke dokter seperti berikut ini.

1. Sakit punggung Anda berkaitan dengan sakit pada kaki

Jika Anda merasakan rasa sakit yang memancar dari daerah punggung atau bokong sepanjang kaki, ini bisa jadi tanda ada sedikit iritasi pada saraf. Meskipun bisa sembuh sendiri, iritasi akar saraf bisa menyebabkan mati rasa, kelemahan otot, kesemutan dan rasa sakit terus menerus. Pijat, terapi fisik, peregangan, dan penerapan panas dapat menurunkan gejala ini.

2. Sakit punggung Anda berkaitan dengan kelemahan

Jika Anda mengalami kelemahan kaki di kedua sisi tubuh atau pincang, maka Anda harus segera ke dokter untuk menyingkirkan kerusakan saraf. Jika mengabaikannya, kelemahan otot bisa menjadi permanen.

3. Sakit punggung Anda berkaitan dengan keseimbangan

Seiring bertambahnya usia, mereka mengembangkan risiko lebih tinggi untuk mempertahankan fraktur terkait osteoporosis. Jika Anda memiliki rasa sakit punggung dan Anda merasa berjalan tidak seimbang, ini harus Anda waspadai.

4. Sakit punggung Anda berkaitan dengan masalah perut atau kandung kemih

Konstelasi gejala lain yang tak bisa diabaikan adalah inkontinensia usus atau kandung kemih. Gejala akut ini bisa menjadi tanda sindrom cauda equina, kondisi langka yang memberi tekanan di saraf bagian bawah sumsum tulang belakang yang terhubung ke organ panggul Anda. Kondisi ini membutuhkan operasi darurat.

5. Sakit punggung Anda berkaitan dengan reaksi seluruh tubuh

Dalam beberapa kasus, Fischer mengatakan bahwa seluruh tubuh pasien mulai merespon rasa sakit tersebut dalam bentuk demam, menggigil dan berkeringat di malam hari. Itu adalah tanda bahwa seluruh tubuh mengalami reaksi terhadap suatu masalah atau infeksi lain dalam tubuh.


(DEV)